The Effect Of Interaction And Environmental Qualities Towards E-Loyalty: A Case Study Of Online Hotel Booking In Indonesia And Thailand
Abstract
Pemesanan hotel secara daring adalah salah satu metode sewa tempat tinggal
sementara melalui media-media daring. Pada masa kini, semakin banyak orang
yang menyewa hotel secara daring sebagai kebutuhan dan gaya hidup. Indonesia
dan Thailand sebagai negara tujuan wisata dan memiliki banyak penduduk telah
menjadi lahan subur untuk bisnis penyewaan hotel secara daring.
Secara khusus, beberapa penelitian telah mengeksplorasi pertanyaan penting
mengapa begitu banyak orang yang menggunakan layanan ini. Oleh karena itu,
penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas interaksi, kualitas lingkungan yang
berdampak pada kesetiaan pelanggan terhadap produk layanan ini.
Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah
diberikan dan penulis menggunakan Structural Equation Modeling - Partial Least
Square (SmartPLS) untuk analisis data. Metode ini digunakan untuk mengetahui
jumlah pengguna online hotel booking sehingga akan terlihat bagaimana pengaruh
kualitas interaksi dan kualitas lingkungan yang akan berdampak pada e-loyalty.
Di kedua negara, kualitas interaksi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap e-Loyalty. Nilai koefisien parameter kualitas interaksi pada model
Indonesia memiliki nilai sebesar 0,544. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa
variabel kualitas lingkungan berpengaruh positif dan signifikan di kedua negara
dengan hasil uji T-statistik > 1,96 dan nilai P lebih kecil dari 0,05.
Penelitian ini mengkaji hubungan langsung antara variabel kualitas interaksi
dan kualitas lingkungan terhadap e-Loyalty. Penelitian ini dapat menjadi tambahan
pengetahuan terkait determinan loyalitas yang terdapat pada bisnis online. Selain
itu, penelitian tersebut juga memberikan gambaran baru tentang bisnis jasa
penginapan online di dua negara yaitu Indonesia dan Thailand.
Kata kunci: E-Loyalty, Kualitas Interaksi, Kualitas Lingkungan, Partial Least
Square
Collections
- MT - Economic and Management [2962]