Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile Banking Bank Kalbar Berbasis Panduan ISO 9241-11 Menggunakan Partial Least Square
Abstract
Bank Kalbar's mobile banking application supports the banking activities of PT. BPD Kalimantan Barat. Research in March-April 2021 on the analysis of 23 users' satisfaction with the QUIS 7.0 instrument shows that users are not satisfied with the application's system capability and ease of learning. This study uses ISO 9241-11 guidelines to evaluate usability with three aspects of measurement, namely effectivity, efficiency, and satisfaction as latent variables. The analysis tool uses Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM- PLS) to determine the usability score and effectivity, efficiency, and satisfaction on the usability. Survey data Research from 41 observations shows that the ISO 9241- 11 measures the model's goodness with an R2 value of 0.788 and a Q2 value of 0.637 with a Goodness of Fit of 0.782. The effectivity and satisfaction of the variables did not significantly affect the usability of the Bank Kalbar mobile banking application at a significance level of 5%, with path coefficient values of 0.278 and 0.183. The usability score for the Bank Kalbar mobile banking application is 58.82. Aplikasi mobile banking Bank Kalbar mendukung kegiatan perbankan PT. BPD Kalimantan Barat. Penelitian bulan Maret-Mei 2021 tentang analisis kepuasan 23 pengguna dengan instrumen QUIS 7.0 menunjukkan bahwa pengguna tidak puas pada aspek kemampuan sistem dan kemudahan pembelajaran aplikasi. Penelitian ini menggunakan pedoman ISO 9241-11 untuk mengevaluasi usability dengan tiga aspek pengukuran yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan sebagai peubah laten. Alat analisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk mengetahui skor usability dan pengaruh efektivitas, efisiensi, dan kepuasan terhadap usability. Penelitian berdasarkan data hasil survei sebanyak 41 amatan menunjukkan bahwa model ISO 9241-11 memiliki ukuran kebaikan model dengan nilai R2 sebesar 0.788 dan nilai Q2 sebesar 0.637 dengan Goodness of Fit sebesar 0.782. Peubah efficiency berpengaruh signifikan terhadap peubah usability aplikasi mobile banking Bank Kalbar pada taraf signifikansi 5% dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.466. Peubah effectivity dan satisfaction tidak cukup bukti berpengaruh signifikan terhadap peubah usability aplikasi mobile banking Bank Kalbar pada taraf signifikansi 5% dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.278 dan 0.183. Skor usability untuk aplikasi mobile banking Bank Kalbar sebesar 58.82.
Collections
- UT - Computer Science [2236]