Studi Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat
Abstract
Pada tahun 2020, PT XXX melaksanakan program CSR kepada masyarakat di wilayah
produksi dengan lebih menekankan pada bentuk program empowerment, infrastruktur dan
chairity. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan masyarakat
terhadap pelaksanaan program CSR PT XXX. Berdasarkan hasil survei menunjukkan bahwa
tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan program CSR PT XXX yang meliputi
program keseluruhan, manajemen program, serta pelayanan dan penyaluran adalah sangat
puas yaitu dengan IKM sebesar 97, 40%.
Strategi atau rekomendasi yang dapat dilaksanakan (1) Kegiatan sosialisasi dan komunikasi
secara intensif sehingga pemahaman masyarakat mau untuk terlibat secara aktif dalam
program CSR serta merasakan adanya program CSR serta kejelasan alur pelayanan dan
penyaluran program (bisa memakai Instagram, Whatapp dan membuat system online
terutama di masa pandemi), (2) Sistem yang terintegrasi sehingga informasi keluhan cepat
dapat diterima oleh petugas CSR dan segera dapat di atasi keluhannya, dan (3) Membuat
strategi program untuk mengantisipasi program yang meningkat di masa pandemi,
sehinggan tetap eksis setelah pandemi mereda.
Collections
- Research Report [220]