Analisis Karakteristik dan Motivasi Mahasiswa IPB yang Mengalami Problematik Akademik
Abstract
Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu perguruan tinggi yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia dan mutu pendidikan yang berkualitas. Salah satu indikator keberhasilan suatu program pendidikan dapat dilihat pada keberhasilan akademik mahasiswa. Keberhasilan akademik mahasiswa dapat dilihat berdasarkan ketepatan waktu mahasiswa dalam menyelesaikan masa studi. Keberagaman latar belakang memperlihatkan adanya karakteristik yang berbeda-beda dan beragamnya keaktifan dalam mengikuti perkuliahan menunjukan terdapatnya motivasi dalam diri mahasiswa. Kedua hal tersebut menjadi penting untuk dikaji sebagai evaluasi dalam merencanakan metode pembelajaran sehingga dapat mengurangi problematik akademik yang dihadapi mahasiswa dan tercapainya keberhasilan akademik. Metode yang digunakan untuk melihat karakteristik mahasiswa adalah dengan analisis deskriptif dan gambaran motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan studi menggunakan metode analisis faktor yaitu Exploratory Factor Analysis dan Confirmatory Factor Analysis. Hasil yang didapatkan dari Exploratory Factor Analysis menunjukan bahwa terdapat enam faktor yang memengaruhi motivasi mahasiswa dengan keragaman total yang mampu dijelaskan sebesar 47%. Nilai tersebut menunjukan bahwa adanya faktor lain yang dapat dikaji dalam studi lebih lanjut. Kontribusi terbesar pada variabel motivasi mahasiswa adalah efikasi diri (70,8%) yaitu keyakinan dan kepercayaan mahasiswa akan kemampuannya dalam mengontrol hasil dari usaha yang dilakukan. Bogor Agricultural University (IPB) is one of the universities that aims to create human resources and quality education. One indicator of the success of an educational program can be seen in the academic success of students. Student academic success can be seen based on the timeliness of students in completing the study period. The diversity of backgrounds shows different characteristics, and the variety of activities in attending lectures shows that students are motivated. These two things are essential to be studied as evaluations in planning learning methods to reduce academic problems faced by students and achieve academic success. The method used to see the characteristics of students is descriptive analysis and a description of student motivation in completing the study using factor analysis methods, namely Exploratory Factor Analysis and Confirmatory Factor Analysis. The results obtained from Exploratory Factor Analysis show that six factors influence student motivation with a total diversity that can be explained by 47%. This value indicates that other factors can be studied in further studies. The most significant contribution to the variable of student motivation is self-efficacy (70,8%), namely student’s confidence and belief in their ability to control the result of the efforts made.