Pengaruh Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Optimisme terhadap Resiliensi Pelajar SMA selama Pandemi Covid-19
Abstract
Resiliensi menjadi hal penting yang harus dimiliki remaja dalam menghadapi perubahan selama pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial, self-esteem, dan optimisme terhadap resiliensi pelajar SMA selama pandemi Covid-19. Desain penelitian yang digunakan ialah explanatory dengan teknik voluntary sampling dan melibatkan 193 pelajar SMA. Penelitian ini diambil di wilayah Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mendapatkan dukungan sosial tertinggi dari orang tua dan terendah dari guru. Selain itu, proporsi terbesar pelajar memiliki self-esteem dan resiliensi yang sedang. Namun, proporsi terbesar untuk optimisme adalah pada kategori rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara dukungan sosial, self-esteem, dan optimisme dengan resiliensi pelajar SMA. Uji hipotesis menggunakan smartPLS secara konsisten juga menemukan resiliensi pelajar SMA selama pandemi Covid-19 dipengaruhi langsung oleh self-esteem dan optimisme.