Keputusan Muslim DKI Jakarta terhadap Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI Selama Pandemi COVID-19
Abstract
Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia merupakan pasar potensial bagi produk halal termasuk kosmetik, namun berdasarkan the Global Islamic Economy Report 2020/2021 sektor kosmetik Indonesia tidak termasuk peringkat lima besar. Pada masa pandemi COVID-19 pemerintah mengeluarkan peraturan protokol kesehatan yang wajib diterapkan seluruh masyarakat Indonesia, sehingga produk kosmetik perawatan tubuh menjadi sangat dibutuhkan. Ini merupakan peluang untuk meningkatkan sektor kosmetik halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan muslim DKI Jakarta terhadap pembelian kosmetik perawatan tubuh berlabel halal MUI pada masa pandemi COVID-19. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden mewakili muslim DKI Jakarta dan pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga, tempat dan halal awareness memiliki peluang yang signifikan positif terhadap keputusan pembelian kosmetik perawatan tubuh halal selama masa pandemi.
Collections
- UT - Syariah Economic [402]