EEfektivitas Tipe Post Media Sosial Instagram dalam Pemasaran Produk Peternakan Domba Bens Farm
Abstract
Pemasaran secara online dapat dilakukan melalui Instagram dengan
mengunggah beberapa tipe post dalam upaya menjalin online engagement dengan
followers instagram yang diharapkan mampu meningkatkan frekuensi pembelian
produk. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas tipe post pada media sosial
Instagram dalam pemasaran produk peternakan domba Bens Farm. Penelitian ini
menggunakan data jumlah likes dan comments dan data hasil wawancara
menggunakan kuesioner. Data online engagement diperoleh melalui jumlah like
dan comments pada tipe post yang diunggah akun instagram Bens Farm sejak bulan
Desember 2019 hingga Mei 2020. Metode analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah Analisis regresi linier berganda dan analisis deskriptif.
Unggahan Bens Farm memiliki 5 tipe post, yaitu post testimoni, produk, edukatif,
rohani dan interaktif. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua
variabel dinyatakan valid dan reliabel. Nilai uji normalitas pada penelitian ini
adalah sebesar 0,74, yang memperlihatkan bahwa data menyebar normal karena
nilainya P>0,05. Uji heteroskedastisitas menghasilkan nilai koefisien 0,605
(hubungan kuat), dan tidak terjadi multikolinieritas (VIF 1,260). Hasil uji yang
dilakukan menunjukkan bahwa tipe post dalam Instagram berpengaruh positif
terhadap penjualan. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,410 berarti
kontribusi dari tipe post Instagram Bens Farm terhadap penjualan sebesar 41%.