Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Persepsi terhadap Karakteristik Sociopreneur
Abstract
Wirausaha sosial merupakan individu yang mempunyai karakter kewirausahaan dan mampu mengidentifikasi serta memecahkan persoalan sosial. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Mengengah (UMKM) di pedesaan. Persepsi pemilik UMKM sangat penting dalam mempengaruhi respon terhadap usaha-usaha yang dilakukan sociopreneur. Persepsi itu sendiri tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut antara lain faktor kondisi sosial ekonomi yang terdiri dari tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, kepemilikan alat transportasi, dan pola interaksi sosial. Persepsi yang diamati meliputi aspek menciptakan nilai sosial, wirausaha sosial, organisasi kewirausahaan sosial, dan orientasi pasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif dengan responden sebanyak 33 orang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi sosial ekonomi pemilik UMKM dan bagaimana persepsinya terhadap karakteristik sociopreneur. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara kondisi sosial ekonomi pemilik UMKM dengan persepsi terhadap karakteristik sociopreneur. Social entrepreneurs are individuals who have entrepreneurial characteristics and are able to identify and solve social problems.One of them is by developing Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in rural areas. The perception of MSME owners is very important in influencing the response to the effortd of the sociopreneur. Perception cannot be separated from the influencing factors. These factors include socio-economic condition consistingof education level, income level, own means of transportation, and social interaction patterns. The perceptions observed included the aspects of creation of social values, social entrepreneurship, social entrepreneurial organizations, and market orientation. This study uses a quantitative approach that is supported by qualitative data with 33 respondents. The purpose of this study was to analyze the socio-economic conditions of MSME owners and how their perceptions of sociopreneur characteristics. The results obtained indicate that there is an insignificant relationship between the socio-economic conditions of MSME owners with the perception of sociopreneur characteristics.