Pengembangan Fitur Konsultasi Grup dan Pencatatan Kinerja Pakar IPB pada IPB Digitani dengan Metode Prototyping.
Abstract
Pertanian merupakan sektor penghasil kebutuhan primer dan penyerap tenaga
kerja yang cukup banyak di Indonesia. Namun, pada kenyataannya sebagian besar
petani di Indonesia berusia di atas 40 tahun dan 70% diantaranya berpendidikan
sekolah dasar yang mengakibatkan terbatasnya pengetahuan pertanian dan akses
kepada inovasi-inovasi pertanian. Aplikasi IPB Digital Tani (Digitani) hadir
sebagai penyedia informasi pertanian bagi para petani dan sarana komunikasi antara
pakar-pakar IPB dengan para petani diawasi dan dikelola oleh Tani Center, sebagai
LPPM IPB. Digitani IPB dikembangkan oleh DSITD IPB. Fitur konsultasi pada
IPB Digitani yang ada sekarang hanya antara pakar dan petani saja, sehingga untuk
pertanyaan seorang petani yang sudah selesai terjawab oleh seorang pakar, petani
lain tidak langsung mendapat jawabannya. Tani Center sebagai pengawas IPB
Digitani juga belum mempunyai menu khusus sebagai administrator Digitani. Maka,
dikembangkanlah fitur konsultasi yang juga bisa sebagai chatting antar user dengan
lingkup pribadi dan grup, dikembangkan pula fitur pencatatan kinerja pengabdian
pakar IPB serta menu khusus untuk administrator. Chatting dan konsultasi
dikembangkan dengan teknologi Socket.io untuk mengirim pesan berupa teks dan
gambar, sementara fitur-fitur pendukung chatting, pengabdian, dan menu khusus
administrator dikembangkan dengan HTTP request melalui komunikasi REST API. Agriculture is a sector that produces primary needs and absorbs quite a lot
of labor in Indonesia. However, the majority of Indonesian farmers are over 40
years old and 70% of them only have primary school education resulting in limited
agricultural knowledge and access to agricultural innovations. The IPB Digital
Tani application is present as a provider of agricultural information for farmers
and a means of communication between IPB experts and farmers, supervised and
managed by the Tani Center, as LPPM IPB. Digitani was developed by DSITD IPB.
The current consultation feature is only between experts and farmers, so that for
questions that have already been answered, other farmers do not get answers right
away. Tani Center as the supervisor of IPB Digitani does not yet have a special
menu as administrator of Digitani. Then a consultation feature was developed
which can also be used as a chat between users with development scope of personal
and group chat, a feature for recording the performance of IPB expert dedication
and a special menu for administrator was developed too. Chats and consultations
were developed with Socket.io technology to send messages in the form of text and
images, while support features for chat, dedication, and administrator menus were
developed with HTTP requests throughout the REST API communication.
Collections
- UT - Computer Science [2323]