Analisis Pendapatan Usahatani Lele Sebelum dan pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Bekasi Jawa Barat).
Abstract
Tujuan penelitian ini sebagai berikut untuk mengetahui dampak dari COVID- 19 terhadap budidaya lele sehingga dapat diindikasikan akibat pandemi adanya perubahan harga input , output dan jumlah permintaan. Penulis melakukan studi kasus secara kolektif terhadap lima pokdakkan yang ada di Kabupaten Bekasi, melakukan wawancara mendalam tentang bagaimana hasil pendapatan usahatani sebelum dan semasa pandemi COVID-19 apakah masih menguntungkan atau tidak. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut struktur biaya dan penerimaan selama pandemi mengalami perubahan,sedangkan untuk selama pandemi petani lele tetap mendapatkan imbalan karena efisien, dan menguntungkan , dan dapat disimpulkan petani selama pandemi COVID-19 permintaan akan lele meningkat hanya saja petani tidak dapat menjangkau konsumen secara langsung harus melewati tengkulak. Hasil output budidaya hanya di beli tengkulak karena mentahan, seharusnya petani dapat mengolahnya sehingga dapat sampai ke tangan konsumen secara langsung tanpa melalui tengkulak. Sehingga disarankan untuk petani kabupaten Bekasi dapat mendiversifikasikan usahataninya misalnya menjadi lele kuning frozen sehingga dapat dipasarkan secara online. The purpose of this study is as follows to determine the impact of COVID-19 on catfish cultivation so that it can be indicated that due to the pandemic changes in input, output prices,and number of demand. Writers conducted a collective case study of five pokdakkan in Bekasi Regency, conducted in-depth interviews about how the results of farming income before and during the COVID-19 pandemic were still profitable or not. The results of this study are as follows: the structure of costs and revenues during the pandemic has changed, while during the pandemic catfish farmers still get rewards because they are efficient, and profitable, and it can be concluded that during the COVID-19 pandemic the demand for catfish increases only that farmers cannot reach consumers. must go directly to middlemen. The output of cultivation is only bought by middlemen because it is raw, farmers should be able to process it so that it can reach consumers directly without going through middlemen. So it is recommended for Bekasi district farmers to diversify their farming, for example into frozen yellow catfish so that they can be marketed online
Collections
- UT - Agribusiness [4251]