Faktor-faktor yang Memengaruhi Efektivitas Media Online sebagai Media Promosi pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Efektivitas media promosi sangat menentukan keberhasilan promosi yang ditunjukkan oleh meningkatnya pengetahuan konsumen mengenai produk dan meningkatnya volume penjualan. Tingginya pengguna media online menjadikan media ini sebagai platform yang mulai banyak digunakan sebagai media promosi, terutama pada masa pandemi Covid-19 dimana konsumen cenderung membatasi kegiatan ke luar rumah. Lampung terkenal akan produk olahan pertanian lokalnya yaitu buah pisang. Salah satu usaha yang menggunakan buah pisang sebagai bahan pokoknya adalah Toko Kue dan Oleh-Oleh “Yussy Akmal”, dengan produk andalannya yaitu pie pisang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan media online yang dikekola Yussy Akmal Bakery sebagai media promosi, beserta faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor individu, faktor terpaan media dan faktor karakteristik pesan secara simultan memengaruhi efektivitas media pada aspek kognitif, afektif, dan konatif. Faktor yang paling berpengaruh terhadap efektivitas media online sebagai media promosi merupakan faktor terpaan media online.