Kinerja Ekspor Produk Kertas Indonesia Periode 2009-2020
Date
2021Author
Sitompul, Debora Romatua Rogate
Simangunsong, Bintang C. H.
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia berada pada posisi kesembilan sebagai negara eksportir utama
kertas dunia pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan permintaan kertas Indonesia
yang tinggi dipasar dunia. Oleh karena itu, kebijakan strategis untuk pengembangan
industri kertas dalam menghadapi berbagai situasi ekonomi dunia di masa depan
sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ekspor kertas
Indonesia pada periode 2009-2019, yaitu periode setelah krisis finansial dunia
2007-2008 dan sebelum pandemi Covid-19; dan periode 2019-2020, yaitu periode
pandemi Covid-19. Kinerja ekspor dianalisis dengan menggunakan metode
Constant Market Share (CMS). Hasil penelitian menunjukkan kinerja industri
kertas Indonesia ini sangat baik dibandingkan rata-rata kinerja ekpor kertas dunia
yang menurun 1,9% per tahun pada periode sebelum pandemi dan menurun 9,9%
per tahun pada masa pandemi. Faktor efek pertumbuhan standar dan komposisi
komoditas selalu bernilai negatif sepanjang periode penelitian. Faktor efek
distribusi pasar dan daya saing selalu bernilai positif dalam periode yang sama. Indonesia is in the ninth position as the world's main paper exporter in 2019.
This shows the high demand for Indonesian paper in the world market. Therefore,
a strategic policy for the development of the paper industry in the face of various
future world economic situations is urgently needed. This study aims to analyze the
performance of Indonesia's paper exports in the 2009-2019 period, namely the
period after the 2007-2008 world financial crisis and before the Covid-19
pandemic; and the 2019-2020 period, namely the Covid-19 pandemic period.
Export performance was analyzed using the Constant Market Share (CMS) method.
The result show that the export performance of Indonesia paper industry was very
good compare with average of world paper exports, which were declined by 1.9%
and 9.9% for the same period, respectively. The effect of standard growth and
commodity composition factor are always negative throughout the study period.
The effect of market distribution and competitiveness factor are always positive in
the same period.
Collections
- UT - Forest Products [2184]