Efektivitas Komunikasi Pemasaran Digital pada Produk Olahan Pertanian "Ocan Snack dan Keripik" di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini telah banyak membatasi mobilitas masyarakat. Hal ini mengakibatkan adanya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia yang menimbulkan dampak pada menurunnya aktivitas masyarakat di luar rumah khususnya dalam membeli suatu produk. Berdasarkan hal ini komunikasi pemasaran digital perlu dilakukan agar produk olahan pertanian tetap menjadi suatu usaha pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik konsumen, perilaku penggunaan internet dan komunikasi pemasaran digital dengan efektivitas komunikasi pemasaran digital pada produk olahan pertanian. Penelitian yang melibatkan “Ocan Snack dan Keripik” ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang didukung data kualitatif dengan metode survei dan didukung oleh metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunkasi pemasaran digital yang dilakukan oleh pelaku usaha memiliki hubungan dengan efektivitas komunikasi pemasaran digital. Tahap perubahan perilaku yang dilihat berdasarkan ragam media, frekuensi penyampaian pesan dan karakteristik pesan pada konsumen penelitian ini paling tinggi terjadi pada aspek kognitif. The Effectiveness of Digital Marketing Communication on Processed Agricultural Products ”Ocan Snack and Keripik” during Covid-19 Pandemic. Supervised by AMIRUDDIN SALEH The current Covid-19 pandemic has severely limited people's mobility. This resulted in the implementation of the large-scale social restriction in indonesia. This policy directly contributed to decrease in community activities such as buying an processed agricultural products which is one of the driving sector of the country’s economy. Therefore, digital marketing communication needs to be done so that agricultural processed products remain an effort to develop the creative economy of the community during pandemic. The purpose of this research is to analyze the correlation between consumer characteristic, internet usage behaviour, and digital marketing communication with the effectiveness of digital marketing communication on a product. The research which involved “Ocan Snack dan Keripik” was conducted using quantitative methods supported by qualitative data with survey methods and supported by qualitative methods with in-depth interviews and literature studies. The results showed that digital marketing communications have a relationship with the effectiveness of digital marketing communications. The highest stage of consumer behavior change of this research is on cognitive aspect.