Perilaku Pembelian Konsumen Tanaman Hias: Modifikasi UTAUT 2 dengan Kualitas Informasi dan Persepsi Risiko
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 telah
berdampak pada kehidupan keseharian masyarakat. Salah satunya penerapan
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan terciptanya kebiasaan baru (new
normal). Salah satu hobi atau kebiasaan baru yang ada di Indonesia yaitu
masyarakat melakukan pembelian secara online. Salah satu sektor yang berdampak
dari kegiatan pembelian secara online yaitu pembelian tanaman hias. Tanaman hias
juga menjadi salah satu hobi baru yang populer selama pandemi. Aktivitas
bertanam atau mengoleksi tanaman hias oleh sebagian masyarakat menjadi salah
satu pilihan praktis untuk tetap menjaga mental positif selama pandemi ini.
Sehingga terjadi peningkatan konsumen tanaman hias dalam melakukan kegiatan
pembelian secara online. Namun, niat dari penggunaan teknologi dan penggunaan
dari teknologi belanja online belum dapat dibuktikan pada konsumen tanaman hias.
Penelitian ini menggabungkan dimensi UTAUT 2 yaitu performance expectancy,
effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation,
price saving, habit, dengan variabel tambahan information quality dan perceived
risk.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terkait model UTAUT 2
dengan dimensi information quality dan perceived risk dengan mengambil fokus
pada produk tanaman hias. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
karakteristik dari individu konsumen tanaman hias, menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi behavioral intention dan perilaku pembelian tanaman hias, serta
menganalisis pengaruh dari behavioral intention terhadap use behavior. Penelitian
ini melibatkan 455 responden yang merupakan konsumen tanaman hias yang telah
melakukan pembelian tanaman hias dalam 3 bulan terakhir. Metode penarikan
sampel menggunakan purposive sampling dengan melakukan penyebaran
menggunakan formulir online atau google form. Data dianalisis menggunakan
analisis statistik deskriptif, analisis structural equation modeling (SEM) dan
analisis regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memengaruhi behavioral
intention dalam penggunaan teknologi belanja online adalah performance
expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, hedonic motivation, price
saving, dan habit. Sebaliknya, terdapat satu variabel yang tidak memengaruhinya
yaitu social influence. Dalam penelitian ini juga ada penambahan dua variabel lain
yaitu perceived risk dan information quality. Variabel tambahan mempunyai
pengaruh signifikan baik variabel perceived risk dan information quality. Kedua
variabel tersebut berpengaruh terhadap behavioral intention. Selain itu behavioral
intention juga memengaruhi use behavior. The Covid-19 pandemic that has occurred in Indonesia since March 2020 has
had an impact on people's daily lives. One of them is the implementation of Largescale
social
restrictions
and
the
creation
of
new
habits.
One
of
the
new
hobbies
or
habits
in
Indonesia
is
that
people
make
purchases
online.
One
of
the
sectors
that
has
an
impact
on
online
purchasing
activities
is
the
purchase
of
ornamental
plants.
Ornamental
plants
have
also
become
a
popular
new
hobby
during
the
pandemic.
The
activity
of
planting
or
collecting
ornamental
plants
by
some
people
is
one
of
the
practical
options
to
maintain
a
positive
mentality
during
this
pandemic.
So
that
there
is
an
increase
in
ornamental
plant
consumers
in
online
purchasing
activities.
However,
the intention of using technology and the use of online shopping
technology has not been proven in ornamental plant consumers. This study
combines UTAUT 2 dimensions, performance expectancy, effort expectancy, social
influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price saving, habit, with
additional variables information quality and perceived risk.
This research is a development research related to the UTAUT 2 model with
the dimensions of information quality and perceived risk by focusing on ornamental
plant products. This research is conducted with the objective of analyzing the
characteristics of individual ornamental plant consumers, analyzing the factors
that influence behavioral intention through the modified UTAUT 2 variable, and
analyze the influence of behavioral intention on use behavior. This study involved
455 respondents who are consumers of ornamental plants who have purchased
ornamental plants in the last 3 months. The sampling method used purposive
sampling by distributing using an online form or google form. Data were analyzed
using descriptive statistical analysis, structural equation modeling (SEM) analysis
and logistic regression analysis.
The results showed that the variables that influence behavioral intention in
using online shopping technology are performance expectancy, effort expectancy,
facilitating conditions, hedonic motivation, price saving, and habit. On the other
hand, there are one variables that do not influence it, namely social influence. In
this study, there are also two additional variables, namely perceived risk and
information quality. Additional variables have a significant effect on both perceived
risk and information quality variables. Both of these variables affect the intention
to behave. In addition, behavioral intentions also affect use behavior.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]