Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness pada Perusahaan Farmee Hidroponik Indonesia
Abstract
Perkembangan teknologi internet yang pesat menyebabkan terciptanya persaingan bisnis sehingga perusahaan perlu menciptakan strategi pemasaran yang kuat, salah satunya adalah social media marketing. Farmee Indonesia sebagai perusahaan berbasis startup digital di sektor pertanian hidroponik memanfaatkan social media marketing berbasis Instagram untuk menjangkau konsumen. Namun, brand awareness masyarakat terhadap Farmee Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik followers akun Instagram Farmee Indonesia, menganalisis pengaruh dan dimensi yang paling berpengaruh pada social media marketing melalui Instagram Farmee Indonesia terhadap brand awareness perusahaan Farmee Indonesia, Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 140 followers Instagram Farmee Indonesia. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh terhadap brand awareness Farmee Indonesia. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa dimensi social media marketing yang terdiri dari context, communication, collaboration, dan connection mampu menjelaskan brand awareness sebesar 36,4% dan 63,6 % lainnya dijelaskan oleh dimensi lain diluar model. Pada penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel context dan connection merupakan dimensi Social Media Marketing yang berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness perusahaan Farmee Indonesia. Oleh karena itu, Farmee Indonesia sebaiknya lebih berfokus dalam memaksimalkan peran kedua dimensi tersebut dalam meningkatkan brand awareness. The improvement of internet technology has led to the creation of business competition so that companies need to create strong marketing strategies, one of which is social media marketing. Farmee Indonesia as a digital startup-based company in the hydroponic agriculture sector utilizes Instagram-based social media marketing to reach consumers. However, public brand awareness of Farmee Indonesia is still relatively low. This study aims to identify the characteristics of Farmee Indonesia's Instagram followers, analyze the influence and the most influential dimensions on social media marketing through Farmee Indonesia's Instagram on the brand awareness of the Farmee Indonesia company. Data collection was carried out by distributing questionnaires to 140 Instagram Farmee Indonesia followers. Data analysis in this study was carried out using descriptive analysis methods and Structural Equation Model based on Partial Least Square (SEM-PLS). The results of this study indicate that social media marketing has an effect on Farmee Indonesia's brand awareness. In this study, it can be seen that the dimensions of social media marketing which consist of context, communication, collaboration, and connection are able to explain brand awareness by 36,4% and the other 63,6% are explained by other dimensions outside the model. In this study, it can also be seen that the context and connection variables are dimensions of Social Media Marketing that significantly influence the brand awareness of Farmee Indonesia. Therefore, Farmee Indonesia should focus more on maximizing the role of these two dimensions in increasing brand awareness.
Collections
- UT - Agribusiness [4253]