Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Rumah Syariah (Studi Kasus: BNI Syariah)
Abstract
Peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang diikuti dengan kenaikan
jumlah rumah tangga tidak didukung dengan peningkatan ketersediaan rumah
sebagai kebutuhan pokok setiap individu. Hal ini mengakibatkan adanya
kesenjangan (backlog) tempat tinggal yang bedampak pada harga rumah yang kian
meningkat. Peningkatan harga rumah mengakibatkan semakin sulitnya masyarakat
untuk membeli rumah secara tunai, maka hadir Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
sebagai fasilitas masyarakat untuk membeli rumah secara angsuran. Walaupun
mayoritas penduduk beragama Islam, market share KPR syariah tertinggal dengan
KPR konvensional. BNI Syariah sebagai penyalur KPR syariah diharapkan menjadi
pendorong pertumbuhan KPR syariah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan
mengidentifikasi karakteristik nasabah KPR BNI Syariah dengan analisis deskriptif
dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan nasabah dalam
memilih produk KPR BNI Syariah dengan metode regresi logistik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi keputusan nasabah dalam
memilih KPR BNI Syariah secara signifikan adalah religiusitas, ekonomi,
pelayanan, promosi dan fasilitas.
Collections
- UT - Syariah Economic [466]