Strategi Pemasaran UMKM Markisa Aurora di Kota Makassar Pada Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting
terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional serta penyerapan tenaga
kerja. Markisa Aurora merupakan salah satu UMKM yang berada pada sektor industri
minuman yang mengolah buah markisa dan dipasarkan secara luas. Markisa merupakan
salah satu komoditas unggulan yang menjadi pilar perekonomian Sulawesi Selatan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan eksternal dan
internal yang memengaruhi perusahaan, merumuskan strategi pemasaran serta
menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat untuk Markisa Aurora. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks
SWOT, dan matriks QSP. Hasil analisis matriks IE menunjukan bahwa Markisa Aurora
memiliki lingkungan internal yang kuat dan eksternal yang sedang sehingga berada pada
kuadran IV yaitu grow and build. Terdapat enam alternatif strategi yang dihasilkan
matriks SWOT dan prioritas strategi yang ditetapkan adalah mengoptimalkan
penggunaan digital marketing. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have a very important role in the
growth of the national Gross Domestic Product (GDP) and employment. Passion fruit
Aurora is one of the SMEs in the beverage industry sector that processes passion fruit and
is widely marketed. Passion fruit is one of the leading commodities that are the pillars of
the South Sulawesi economy. The purpose of this research is to identify external and
internal environmental factors that affect the company, formulate marketing strategies
and determine the right marketing strategy priorities for Passion Fruit Aurora. The
methods used in this research are IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, and
QSP matrix. The results of the IE matrix analysis show that Passion Fruit Aurora has a
strong internal environment and moderate external so that it is in quadrant IV, namely
grow and build. There are six alternative strategies generated by the SWOT matrix and
the strategic priority set is optimizing the use of digital marketing.
Collections
- UT - Agribusiness [4261]