Efektivitas Komunikasi Pemasaran UMKM Kopi di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Tingkat konsumsi kopi dalam negeri cukup tinggi dan meningkat secara signifikan,
sehingga sektor hilir semakin bertumbuh dan berkembang seperti UMKM (Usaha
Mikro, Kecil, dan Menengah) yang bergerak dalam komoditas kopi. Pandemi Covid-19
telah menimbulkan berbagai masalah bahkan kerugian bagi UMKM, sehingga
komunikasi pemasaran terpadu yang efektif sangat diperlukan supaya UMKM dapat
bertahan dan berkembang. Penelitian yang dilakukan di Kopi Sisi Kiri, Kota Bogor,
Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi pemasaran
terpadu yang dilakukan oleh UMKM. Analisis dilakukan menggunakan uji korelasi Rank
Spearman dengan melibatkan responden sebanyak 30 orang yang berkunjung ke Kopi
Sisi Kiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopi Sisi Kiri sudah intensif dalam
melakukan komunikasi pemasaran terpadu, terutama melalui iklan sebagai yang paling
intensif diikuti oleh hubungan masyarakat dan penjualan personal, lalu promosi
penjualan dan pemasaran langsung. Komunikasi pemasaran yang dilakukan Kopi Sisi
Kiri cukup efektif karena terbukti berkorelasi positif dengan perilaku konsumsi, terutama
dalam aspek kognitif dan afektif. Penjualan personal adalah komunikasi pemasaran yang
paling efektif karena berkorelasi positif dengan ketiga aspek perilaku konsumsi,
sementara iklan dan hubungan masyarakat hanya berkorelasi dengan aspek kognitif serta
promosi penjualan yang hanya berkorelasi dengan aspek kognitif dan afektif. Perilaku
konsumsi juga terbukti berkorelasi dengan karakteristik konsumen, terutama tingkat
pendidikan dan tingkat pendapatan. The level of coffee consumption is quite hight and has increased significantly, so that the
downstream sector is grow and developing such as MSME’s engaged in coffee
commodities. The Covid-19 Pandemic has caused various problems and even losses for
MSME’s, so that effective integrated marketing communication is very much needed for
MSME’s can be survive and develop. This research will be held in Kopi Sisi Kiri, Bogor
City, West Java Province aims to to analyze the effectiveness integrated marketing
communication carried out by MSME’s. The analysis was carried out using the Rank
Spearman correlation with involve 30 respondents who visited Kopi Sisi Kiri. The
results showed that Kopi Sisi Kiri was already intensive in carrying out integrated
marketing communications, especially through advertising as the most intensive followed
by public relation and personal selling, then sales promotion and direct marketing. The
marketing communication conducted by Kopi Sisi Kiri is quite effective because it is
proven to be positively correlated with consumption behaviour, especially in cognitive
and affective aspects. Personal selling is the most effective marketing communication
because it is positively corelated with all three aspects of consumption behaviour, while
advertising and public relation only correlate with cognitive aspects and sales promotion
which only correlate with cognitive and affective aspects. Consumption behaviour is also
showed correlated with consumer characteristics, mainly due to education level and
income level.