Analisis Willingness To Pay Terhadap Steakhouse Bersertifikat Halal (Studi Kasus: Konsumen Holycow! Steakhouse by Chef Afit)
Abstract
Saat ini sudah banyak restoran yang menyediakan menu makanan dengan
bahan dasar daging, salah satunya steakhouse. Akan tetapi masih banyak
steakhouse yang belum memiliki sertifikat halal MUI. Steakhouse yang telah
memiliki sertifikat halal akan memiliki harga produk yang lebih mahal jika
dibandingkan dengan steakhouse yang belum memiliki sertifikat halal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui nilai dan faktor yang mempengaruhi wilingness to
pay konsumen Holycow! Steakhouse by Chef Afit di wilayah Jabodetabek
terhadap steakhouse bersertifikat halal. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah halal awareness, halal label, religiousity, dan food quality. Penelitian
ini menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) dan
Contingent Valuation Method (CVM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa variabel halal awareness, halal label, religiousity, dan food quality
berpengaruh positif signifikan terhadap willingness to pay. WTP juga memberikan
pengaruh positif signifikan terhadap demand on halal certfication. Berdasarkan
analisis yang telah dilakukan nilai rataan WTP (EWTP) yang bersedia dibayarkan
konsumen terhadap steakhouse bersertifikat halal adalah sebesar Rp15 030.
Collections
- UT - Syariah Economic [394]