Kajian Pustaka Bauran Pemasaran pada UMKM Agribisnis di Indonesia
Abstract
Bauran pemasaran merupakan alat untuk mengukur kesuksesan strategi
pemasaran. Kekeliruan dalam menerapkan bauran pemasaran menghasilkan
kegagalan strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah melakukan deskripsi
dan identifikasi karakteristik serta ukuran usaha dengan bauran pemasaran pada
UMKM agribisnis di Indonesia. UMKM Agribisnis berimbang penggunaan bauran
pemasaran 4P maupun 7P. Pilihan bauran pemasaran tidak konsisten terhadap
ukuran usaha dan subsistem agribisnis, namun konsisten berdasarkan jenis produk.
Kemajuan teknologi menuntut perusahaan untuk menggunakan bauran pemasaran
7P yang merupakan perkembangan dari 4P.
Kata kunci: Agribisnis, Bauran Pemasaran, Marketing mix is an approach used to measure the success on marketing strategy.
Mistakes of implementing marketing mix contributes to failure on marketing
strategy. The purpose of this research is to describe and identify characteristic and
enterprise size to marketing mix on Agribusiness (Micro, Small, and Middle
Enterprise) MSME in Indonesia. MSME Agribusiness uses as much 4P and 7P
marketing mix. Eventhough application of 4P or 7P marketing mix in MSME
Agribusiness is not consistent in accordance to enterprise’ size, nor agribusiness
subsystem, it can be clearly distinguished according to form of product(service or
product). Technological growth demands enterprises use of 7P merketing mix as it
is an improvement of 4P .
Collections
- UT - Agribusiness [4254]