Perancangan Pengalaman Pemberi Pinjaman Lepas pada Aplikasi Koper Pustaka Modul Peminjaman Berantai
Abstract
Budaya literasi masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini terjadi
karena masyarakat kita yang masih erat dengan budaya lisan, sehingga menurunkan
minat baca. Faktor pendorong rendahnya minat baca masyarakat yaitu, rendahnya
daya beli yang didorong pula dengan minimnya sarana dan akses untuk menjangkau
buku bacaan yang murah dan bervariasi. Berbagai inovasi dihadirkan oleh berbagai
pihak dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat kita, salah satunya yaitu
perpustakaan berbasis komunitas yang kemudian ditransformasikan ke dalam
bentuk digital oleh Purnawansyah yaitu aplikasi Koper Pustaka. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang modul peminjaman berantai dari sisi pemberi pinjaman
lepas dengan metode Design Thinking untuk menemukan alur yang efektif serta
faktor engagement yang mampu membuat pengguna tetap ingin terlibat dalam
komunitas aplikasi. Design Thinking dipilih karena bersifat user-centered yang
mana cocok digunakan dalam menyelesaikan masalah berbasis pengalaman
pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototipe mobile yang learnable
yang telah diujikan kepada lima pengguna dengan usability testing. Dari hasil
pengujian tersebut dapat disimpulkan flow yang dibuat mudah dipahami, serta ide
yang dihadirkan telah meningkatkan excitement pengguna terhadap aplikasi Koper
Pustaka. The literacy culture of Indonesian society is still relatively low because the
community is closely related to oral culture, causing a lack of interest in reading.
The driving factor of common public reading interest is low purchasing power
because of the lack of facilities and access to cheap and varied reading books.
Various parties made various innovations to increase our society's interest in
reading. One of them is a community-based library transformed into digital form
by Purnawansyah, named the Koper Pustaka application. This research aims to
design a chain lending module from freelance lenders using The Design Thinking
method to find an adequate flow and engagement factors to keep users engaged to
the community. The Design Thinking method is user-centered, suitable for solving
the problem based on user experience. The final result of this research is a learnable
mobile prototype tested on five users using usability testing. The results obtained concluded that the flow is easy to understand. The ideas presented by Koper Pustaka
have increased the excitement of the users towards this application.
Collections
- UT - Computer Science [2236]