Pengaruh Agama, Pengetahuan, dan Sikap Mahasiswa terhadap Minat Investasi Reksa Dana Syariah selama Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Salah satu sektor yang terdampak selama masa pandemi Covid-19 adalah
sektor ekonomi. Dalam kondisi tersebut, masyarakat dituntut untuk mengatur
keuangannya sebaik mungkin. Salah satu alternatif untuk mengatur keuangan
adalah dengan melakukan investasi. Reksa dana syariah merupakan salah satu
alternatif investasi yang mudah dan cocok untuk pemodal kecil. Reksa dana syariah
cocok bagi investor pemula, salah satunya adalah mahasiswa. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh agama, pengetahuan, dan
sikap mahasiswa terhadap minat investasi reksa dana syariah selama pandemi
Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 seluruh Indonesia.
Responden dipilih secara voluntary sampling dengan jumlah responden sebanyak
192 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan software microsoft excel
dan SPSS versi 25. Pada analisis uji beda terdapat perbedaan minat investasi antara
mahasiswa yang beragama islam dengan non-islam. Hasil uji hubungan
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan
sikap dengan minat investasi. Hasil analisis uji pengaruh menunjukkan
pengetahuan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap minat investasi. One of the sectors affected during the Covid-19 pandemic is the economic
sector. Under these conditions, people are required to manage their finances as well
as possible. One alternative to managing finances is to invest. Sharia mutual funds
are an easy investment alternative that is suitable for small investors. Sharia mutual
funds are suitable for novice investors, one of which is a college student. This study
was conducted with the aim of analyzing the influence of students' religion,
knowledge, and attitudes towards investment intention in sharia mutual fund during
the Covid-19 pandemic. This study used a cross-sectional design, with a
quantitative approach. The population of this study was undergraduate students
throughout Indonesia. Respondents were selected by voluntary sampling with a
total of 192 respondents. The data obtained were processed using Microsoft Excel
and SPSS version 25 software. In the analysis of the difference test, there is a
difference in investment intention between Muslim and non-Muslim students. The
results of the relationship test showed that there was a significant relationship
between knowledge and attitudes with investment intention. The results of the
analysis of the influence test show that knowledge and attitudes have a significant
effect on investment intention.