Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Kedai Kopi Yor (Studi Kasus : Kopi Yor, Kota Bogor, Jawa Barat)
Abstract
Industri makanan dan minuman merupakan industri yang sangat diminati banyak penggiat bisnis. Salah satunya yaitu kedai kopi yang berkembang cukup pesat saat ini karena menjadi salah satu gaya hidup kaum milenial. Kopi Yor Sempur merupakan kedai kopi yang terletak di daerah Kota Bogor. Lokasi Kopi Yor Sempur bertempat di sekitaran perumahan dan juga berdekatan dengan tempat olahraga umum di Bogor sehingga lokasinya strategis untuk mendapatkan konsumen. Pihak pengelola Kopi Yor Sempur menyadari dengan konsep dan lokasi yang dimiliki saat ini tetap harus mampu beradaptasi dengan keadaan yang selalu berkembang. Salah satu bentuk adaptasi yang bisa dilakukan adalah dengan merumuskan strategi pemasaran agar Kopi Yor Sempur tetap mendapatkan konsumen di tengah persaingan kedai kopi yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat agar Kopi Yor Sempur dapat beradaptasi dengan perkembangan pasar yang ada. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor internal dan eksternal (IFE dan EFE), matriks IE, serta QSPM. Penelitian yang dilakukan menghasilkan beberapa strategi alternatif yaitu, membuat slogan, promosi menu pada jam tertentu menambah meja outdoor, meningkatkan kualitas SDM serta membuat promosi dengan paket bundling. Hasil dari perhitungan matriks QSP menunjukan urutan prioritas paling tertinggi berada pada strategi alternatif membuat promosi kategori kelompok dengan nilai STAS sebesar 6,630. Kata Kunci: IFE dan EFE, kedai kopi, matriks IE, strategi pemasaran, QSPM. The food and beverage industry is an industry that is in great demand by many business people. One of them is a coffee shop that is growing quite rapidly at this time because it has become one of the millennial lifestyles. Yor Sempur Coffee is a coffee shop located in the Bogor City area. The location of Kopi Yor Sempur is located in a residential area and also close to public sports venues in Bogor so that the location is strategic to get consumers. The management of Kopi Yor Sempur realizes that with the current concept and location, it must be able to adapt to conditions that are always evolving. One form of adaptation that can be done is to formulate a marketing strategy so that Yor Sempur Coffee continues to get consumers in the midst of competition from existing coffee shops. This research was conducted to find out the right marketing strategy so that Yor Sempur Coffee can adapt to existing market developments. The analytical tool used in this research is the analysis of internal and external factors (IFE and EFE), IE matrix, and QSPM. The research carried out resulted in several alternative strategies, namely, making slogans, promoting menus at certain hours, adding outdoor tables, improving the quality of human resources and making promotions with bundling packages. The results of the QSP matrix calculation show that the highest priority order is in the alternative strategy of making group category promotions with a STAS value of 6.630. Keywords: coffee shop, IFE and EFE, IE matrix, marketing strategy, QSPM.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]