Hubungan Tingkat Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat
Abstract
Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dirancang oleh suatu perusahaan dengan harapan memuat kebutuhan dasar masyarakat sehingga baik masyarakat maupun perusahaan dapat memperoleh kebermanfaatan yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variabel efektivitas komunikasi pendamping program dengan keberhasilan CSR dalam tingkat kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada salah satu binaan PT Astra Daihatsu Motor yaitu Kampung Guyub Rukun Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Data kuantitatif diolah menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan responden 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KBA terbukti berhasil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti pada bidang lingkungan dengan pengolahan sampah dan bidang kesehatan dengan optimalisasi peranan posyandu. Hal ini terkategori signifikan dengan komunikasi pendamping program yang baik. Meskipun kondisi pandemi dan tidak memungkinkan tatap muka secara langsung namun dapat menjadi solusi dengan melakukan komunikasi secara daring. Kata kunci : CSR, kesejahteraan, komunikasi The Corporate Social Responsibility (CSR) program designed by a company is expected to contain the basic needs of the community so that both the community and the company can get the same benefits. The purpose of this study was to determine the corelation between the effectiveness of program companion communication with the success of CSR in improving community welfare. This research was conducted at one of the fostered companies of PT Astra Daihatsu Motor, namely Kampung Berseri Astra Guyub Rukun, Sukaluyu Village, Telukjambe Timur District, Karawang Regency, West Java. The method used in this study is a quantitative method supported by qualitative data. Quantitative data was processed using the Spearman Rank correlation test with a total of 30 respodents. The results showed that the KBA program was proven to be successful in improving the welfare of the community, such as in the environmental sector with waste management and in the health sector by optimizing the role of the posyandu. This is categorized as significant with good program companion communication. Despite the pandemic conditions and not allowing face-to-face meetings, it can be a solution by communicating online. Keywords: communication, CSR, welfare