Identifikasi Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Akreditasi SMA di Indonesia Berdasarkan Data ARKAS
Date
2021Author
Fiqri, Muh Nur
Susetyo, Budi
Sadik, Kusman
Wibowo, Satriyo
Metadata
Show full item recordAbstract
Akreditasi merupakan indikator mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Salah satu yang memengaruhi mutu satuan pendidikan, yaitu anggaran sekolah. Anggaran sekolah disusun dalam rangka pemenuhan 8 standar nasional pendidikan. Pengelolaan anggaran sekolah ini menggunakan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang dikembangkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). ARKAS merupakan sistem informasi untuk mengelola perencanaan anggaran dan belanja sekolah. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi akreditasi Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan akreditasi sebagai peubah respon dan 17 peubah penjelas yang bersumber dari data ARKAS dan Dapodik menggunakan analisis regresi logistik ordinal. Tahapan model terbaik merupakan model yang terbentuk memiliki nilai AIC terkecil dan memiliki akurasi model yang tinggi dalam menetapkan model terbaik. Tahapan model terbaik merupakan tahapan model ketiga yang tersusun dari 7 peubah penjelas berpengaruh terhadap peringkat akreditasi SMA dengan nilai AIC sebesar 1886,20 dan akurasi model sebesar 65,79%. Peubah-peubah yang berpengaruh terhadap hasil akreditasi antara lain, yaitu status sekolah, persentase jumlah siswa layak PIP, rasio jumlah siswa per jumlah guru, persentase guru bersertifikat pendidik, rasio jumlah siswa per jumlah rombongan belajar, rasio jumlah siswa per jumlah komputer, dan rasio jumlah siswa per jumlah toilet.