Model Campuran Linear Tersarang dengan Pengamatan Berulang untuk Analisis Penjualan Produk Telekomunikasi
Date
2021Author
Rahmawati, Fardilla
Notodiputro, Khairil Anwar
Rahman, La Ode Abdul
Metadata
Show full item recordAbstract
Model campuran linear tersarang merupakan model yang menggabungkan
antara faktor tetap dan faktor acak. Pengamatan yang dilakukan beberapa waktu
dengan objek yang diamati sama disebut sebagai pengamatan berulang. Penelitian
ini bertujuan untuk menentukan faktor determinan dari penjualan kuota data
internet yang dipengaruhi oleh faktor SA (Sales Area), MC (Mutual Check), PC
(Product Category), dan waktu menggunakan model campuran linear tersarang
dengan pengamatan berulang. Faktor SA, PC, dan waktu sebagai faktor tetap
sedangkan faktor MC yang tersarang pada SA sebagai faktor acak. Hasil analisis
menunjukkan bahwa pengaruh interaksi antara ketiga faktor tetap yaitu antara SA,
PC, dan waktu berpengaruh nyata terhadap volume penjualan kuota data internet.
Selanjutnya, model campuran linear tersarang juga menunjukkan hasil bahwa
keragaman faktor acak MC yang tersarang pada SA nyata terhadap volume
penjualan kuota data internet. Selain itu, keragaman interaksi antara MC dengan PC
dan keragaman interaksi antara MC dengan waktu juga berpengaruh nyata terhadap
volume penjualan kuota data internet. Nested linear mixed model is a model that combines fixed factors and random
factors. Observations made several times with the same observed object are referred
to as repeated measurement. This research was conducted to determine the
determinant factors of internet data quota sales which are influenced by SA (Sales
Area), MC (Mutual Check), PC (Product Category), and time factors using a nested
linear mixed model with repeated measurement. SA, PC, and time factors as fixed
factors while the MC factor nested in SA as a random factor. The results of the
analysis show that the interaction effect between the three fixed factors, namely SA,
PC, and time has a significant effect on the sales volume of internet data quota.
Furthermore, the nested linear mixed model also shows the results that the variance
of the random factor MC nested in SA is significant to the sales volume of internet
data quotas. Moreover, the variance of interactions between MC and PC, and the
variance of interactions between MC and time also have a significant effect on the
sales volume of internet data quotas.