Daya Saing Ekspor Crude Palm Oil (CPO) Indonesia di Negara Tujuan Utama
Date
2021Author
Novitasari, Rahma
Sehabudin, Ujang
Raswatie, Fitria Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Kelapa sawit adalah salah satu komoditas sub sektor perkebunan yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Kelapa sawit menghasilkan produk utama yaitu CPO (Crude Palm Oil). Indonesia merupakan negara dengan produksi CPO terbesar di dunia. Seiring dengan pergeseran konsumsi minyak nabati dunia kepada minyak sawit, volume ekspor CPO di pasar dunia juga semakin meningkat. Adanya kebijakan bea keluar tahun 2008 menyebabkan perubahan komposisi ekspor produk kelapa sawit yang awalnya berupa minyak sawit mentah menjadi produk turunannya. Malaysia merupakan negara pesaing yang melakukan ekspor CPO di dunia. Negara tujuan utama ekspor CPO Indonesia adalah India, Belanda, Malaysia, Italia, dan Singapura. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja ekspor CPO Indonesia di pasar dunia dan menganalisis daya saing ekspor CPO Indonesia di pasar dunia terutama negara tujuan utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menghitung keunggulan komparatif CPO Indonesia dan Market Share Index (MSI) untuk menghitung pangsa pasar CPO Indonesia di negara tujuan utama dibandingkan dengan negara pesaing. Hasil dari analisis RCA menunjukkan bahwa CPO Indonesia memiliki keunggulan komparatif di negara tujuan utama ekspor sedangkan analisis MSI menunjukkan jika CPO Indonesia memiliki pangsa pasar yang besar di India, Italia, dan Singapura. Hasil dari kedua analisis tersebut menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing yang kuat di negara tujuan ekspor. Oil palm is one of the plantation sub-sector commodities that has an important role in the national economy. Palm oil produces the main product, namely CPO (Crude Palm Oil). Indonesia is a country with the largest CPO production in the world. In line with the shift in world vegetable oil consumption to palm oil, the volume of CPO exports on the world market is also increasing. The export duty policy in 2008 caused a change in the export composition of palm oil products from crude palm oil to its derivative products. Malaysia is a competitor country that exports CPO in the world. The main export destinations for Indonesian CPO are India, the Netherlands, Malaysia, Italy and Singapore. The purpose of this research is to analyze the performance of Indonesian CPO exports in world markets and to analyze the competitiveness of Indonesian CPO exports in world markets, especially the main destination countries. The methods used in this research are Revealed Comparative Advantage (RCA) to calculate the comparative advantage of Indonesian CPO and Market Share Index (MSI) to calculate the market share of Indonesian CPO in the main destination countries compared to competing countries. The results of the RCA analysis show that Indonesian CPO has a comparative advantage in the main export destination countries, while MSI's analysis shows that Indonesian CPO has a large market share in India, Italy and Singapore. The results of the two analyzes indicate that Indonesia has strong competitiveness in export destination countries.