Pengetahuan dan Preferensi Konsumen terhadap Kualitas Telur Ayam Konsumsi di Kecamatan Banjarnegara
Date
2021Author
Prabaningrum, Annisa
Pisestyani, Herwin
Nisa', Chairun
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan konsumsi telur ayam oleh masyarakat di Kecamatan Banjarnegara, seharusnya disertai dengan pengetahuan dan preferensi yang tepat dalam pemilihan telur. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat pengetahuan dan mengkaji preferensi konsumen dalam memilih telur ayam konsumsi. Pengambilan data kuisioner terhadap 100 responden di Kecamatan Banjarnegara secara daring dilaksanakan menggunakan media Google form. Kuisioner terbukti valid berdasarkan uji Pearson Product Moment dan terbukti reliable menggunakan uji Cronbach’s Alpha dengan taraf kepercayaan 90%. Data karakteristik, pengetahuan dan preferensi dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan data yang diperoleh, pengetahuan konsumen tentang kualitas telur ayam konsumsi di Kecamatan Banjarnegara masih kurang baik. Preferensi (tingkat kesukaan) konsumen dalam memilih telur ayam dengan kualitas yang baik secara berurutan, yaitu telur dengan kerabang utuh, halus, memiliki konsistensi kuning telur yang kental, memiliki kerabang tebal, dan berwarna coklat tua merata. Konsumen menyukai telur yang berbentuk oval dengan konsistensi putih telur kental, kondisi dalam telur bebas dari bloodspot dan embrio, memiliki kerabang bersih, bobot telur sedang (50-60 gram), dan memiliki Nomor Kontrol Veteriner. Pengetahuan konsumen dipengaruhi oleh pendidikan terakhir konsumen, sementara preferensi konsumen tidak dipengaruhi oleh semua karakteristik yang diujikan. Diperlukan sosialisasi secara kreatif di Kecamatan Banjarnegara sehingga masyarakat memiliki pengetahuan yang tepat dalam memilih telur ayam konsumsi. The increased public consumption of chicken eggs in Banjarnegara Sub-district should be accompanied with the right knowledge and preferences in choosing chicken eggs. The aim of this study was measuring the level of knowledge and assessing consumer preferences in choosing good qualified chicken eggs. The questionnaire data was collected online from 100 respondents in Banjarnegara Sub-district using Google form. It was proven valid by Pearson Product Moment test and was proven reliable by Cronbach's Alpha test with a confidence level of 90%. The data of consumer’s characteristic, knowledge, and preference were analyzed using simple linear regression. The level of consumer knowledge about good quality eggs was not good enough. Even so, consumers were able to determine preferences for good egg quality. Consumer preferred eggs with intact, smooth, and shinny shells, thick yolk consistency, thick shells, with evenly dark brown color, oval shape, thick albumin consistency, free of bloodspot and embryos, clean shells, medium size, and certificated with NKV. Consumer knowledge is affected by the consumer's education, while consumer preferences are not affected by all the characteristics tested. Therefore, creative socialization is needed in Banjarnegara Sub-district so that people have the right knowledge and preferences in choosing good quality chicken eggs.