Riset Pengalaman Orang dengan Bipolar (ODB) untuk Perancangan Aplikasi By-Polar
Date
2021-07-22Author
Yasin, Wanda Azizah
Ardiansyah, Firman
Asfarian, Auzi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengobatan yang dilakukan oleh penderita bipolar hanya dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan dari perubahan episode mood yang dialami oleh penderitanya, bukan untuk menyembuhkannya secara total. Episode mood bisa dihindari jika penderita mampu melakukan pemantauan episode mood dengan baik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui fokus permasalahan yang dialami ODB, sehingga dapat dilakukan perumusan ide lebih lanjut untuk membantu ODB dalam mengelola episode mood yang dialaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan peta kebutuhan Orang dengan Bipolar (ODB) dalam bentuk dokumen standar untuk diproses lebih lanjut dalam desain dan implementasi. Proses pemetaan kebutuhan tersebut dilakukan dengan mengadaptasi metode Design Thinking. Hasil akhir penelitian ini berupa hasil analisis perilaku dan kebutuhan pengguna aplikasi By-Polar yang diimplementasikan dalam bentuk empathy map, user persona, customer journey map, dan implikasi desain yang nantinya akan memudahkan pengembangan aplikasi By-Polar. Medication consumed by people with bipolar disorder can only reduce the frequency and severity of changes in mood episodes experienced by sufferers, not wholly cure the sufferer. The sufferer can avoid mood episodes if the patient is able to monitor mood episodes properly. Therefore, this study seeks to determine root problems experienced by bipolar sufferers and formulates ideas to assist bipolar sufferers in managing the mood episodes they experience. This research aims to map the needs of people with bipolar disorder on standard documents to be further processed in design and implementation. The mapping process adapts the Design Thinking method. The final result of this research is the analysis of the behavior and needs of the behavior and needs of By-Polar application users, implemented in the form of an empathy map, user persona, customer journey map, and design implications that will facilitate the development of By-Polar application.
Collections
- UT - Computer Science [2327]