Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor dalam Memilih Koperasi Syariah 212
Abstract
Koperasi syariah 212 dilatarbelakangi dari aksi damai pada tahun 2016. Dengan memanfaatkan momentum aksi bela Islam tersebut, maka lahirlah sebuah lembaga koperasi dengan ketentuan berbasis pada syariat Islam sebagai wadah alternatif untuk membangkitkan ekonomi umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih koperasi syariah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada 117 orang responden yang merupakan anggota koperasi 212 dan non 212 di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi logistik. Hasil regresi logistik menunjukkan bahwa religiusitas, norma subjektif dan reputasi memengaruhi masyarakat dalam memilih koperasi syariah. Kata kunci: koperasi syariah, norma subyektif, regresi logistik, religiusitas, reputasi The 212 sharia cooperative was motivated by the peaceful demonstration in 2016. By taking advantage of the momentum of the Islamic defense action, a cooperative institution was born with provisions based on Islamic law as an alternative forum to revive the Muslim economy. This study aims to analyze the factors that influence people's decisions in choosing sharia cooperatives. Data was collected by giving questionnaires to 117 respondents who were members of 212 and non 212 cooperatives in the Regency and City of Bogor. This study uses descriptive analysis and logistic regression. The results of the logistic regression show that religiosity, subjective norms and reputation influence people in choosing sharia cooperatives. Keywords: logistic regression, religiosity, reputation, sharia cooperative, subjective norm
Collections
- UT - Syariah Economic [472]