Strategi Pemasaran pada Kedai Kopi D'Lord Coffee Kota Jayapura
Abstract
Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan pertanian di Indonesia. Saat
ini pertumbuhan coffee shop di Indonesia sangat meningkat salah satunya adalah
D’Lord Coffee Kota Jayapura. Persaingan diantara coffee shop yang semakin ketat
menuntut manajemen D’Lord Coffee untuk merumuskan strategi pemasaran yang
tepat agar mampu bersaing dengan coffee shop lainnya serta dapat menarik
konsumen yang loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
faktor lingkungan internal dan eksternal yang dapat memengaruhi pemasaran
D’Lord Coffee, merumuskan alternatif strategi pemasaran dan menentukan
prioritas strategi pemasaran yang tepat untuk D’Lord Coffee. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis perumusan
tiga tahap yang terdiri dari tahap masukan, tahap pencocokan dan tahap
pengambilan keputusan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks
IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Hasil analisis
menunjukkan bahwa D’Lord Coffee berada pada posisi tumbuh dan kembangkan.
Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT menghasilkan tujuh alternatif strategi
pemasaran dengan prioritas strategi yaitu mempertahankan kualitas pelayanan
yang diperoleh dari hasil perhitungan matriks QSP. Coffee is one of the leading agricultural commodities in Indonesia. Nowday, the
coffee shop’s in Indonesia is growing rapidly, one of them is the D’Lord Coffee
Kota Jayapura. The competition between of coffee shops is getting tighter and
require the D’Lord Coffee's management to formulate the right marketing
strategy in order to be able to compete with other coffee shops and attract loyal
customers. The purpose of this research are to identify the internal and external
factors that can affect D’Lord Coffee, to formulate alternative marketing
strategies and to recommend the marketing strategies priority for D’Lord Coffee.
The method used in this research are descriptive analysis and three-stage-strategy
formulation analysis that consist of the input stage, the matching stage and the
decision stage. The analysis tools that used in this research are IFE matrix, EFE
matrix, IE matrix, SWOT matrix and QSP matrix. The result of the analysis shows
that D’Lord Coffee is in a position grow and build. The SWOT matrix produced
seven alternative strategies with the priority is maintain the quality of service
based on QSP matrix calculations.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]