Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Produk dan Efikasi Diri terhadap Kerentanan Konsumen Pengguna Kartu Kredit
Abstract
Pada tahun 2019, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) telah
menerima 106 kasus pengaduan perbankan dengan 15,09% pengaduan bank
mengenai kartu kredit. Pengaduan konsumen mengindikasikan adanya kerentanan
konsumen. Kerentanan konsumen merupakan keterbatasan konsumen dalam
asimilasi dan akses informasi sehingga rentan terhadap praktik tekanan pelaku
usaha yang curang sehingga konsumen berpeluang mengalami risiko kerugian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi, pengetahuan
produk dan efikasi diri terhadap kerentanan konsumen pengguna kartu kredit.
Desain penelitian ini adalah cross sectional study. Pengambilan data dilakukan
bulan Maret hingga April 2021 selama tiga minggu. Data diperoleh menggunakan
kuesioner online dengan 205 responden. Analisis data menggunakan metode SEM
melalui software LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan motivasi
penggunaan kartu kredit responden, pengetahuan produk terkait kartu kredit,
efikasi diri penggunaan kartu kredit dan kerentanan konsumen pengguna kartu
kredit berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan kerentanan
konsumen yang terdiri dari dimensi akses informasi, tekanan pelaku usaha dan
risiko kerugian dipengaruhi oleh motivasi dan efikasi diri tetapi tidak dipengaruhi
oleh pengetahuan produk. Motivasi dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap
seluruh variabel. In 2019, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) received 106
cases of bank complaints with 15,09% of bank complaints related to credit cards.
Consumer complaints indicate consumer vulnerability. Consumer vulnerability is
the limitation of consumers in assimilation and access to information so that they
are vulnerable to fraudulent business pressure practices so that consumers have
the opportunity to risk losses. The purpose of this study was to analyze the
influence of motivation, product knowledge and consumer vulnerability to credit
card users. The design used in this study was a cross sectional study. Data was
collected from March to April 2021 for three weeks. The data was collected by
using an online questionnaire with 205 respondents. Data analysis using SEM
method through LISREL 8.80 software. The results showed that the respondents'
motivation to use credit cards, credit card related product knowledge, self-efficacy
of credit card use and consumer vulnerability of credit card users were in the ii
medium category. The results showed that consumer vulnerability which consists
of dimensions of access to information, seller pressure and risk of loss is
influenced by motivation and self-efficacy but is not influenced by product
knowledge. Motivation and self-efficacy have a positive effect on all variables.