Persepsi dan Preferensi Masyarakat terkait Pentingnya Wisata Virtual untuk Promosi Kawasan Konservasi
Abstract
Promosi kawasan konservasi di Indonesia belum optimal untuk meningkatkan kunjungan wisata dan kesadaran lingkungan masyarakat, sehingga perlu memanfaatkan wisata virtual yang menarik berdasarkan karakteristik masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik, persepsi, dan preferensi masyarakat terkait pentingnya wisata virtual untuk promosi Kawasan Konservasi. Sebanyak 623 responden berumur 18-65 tahun mengisi online survey yang dibagikan melalui media sosial. Jumlah responden penelitian sudah mewakili seluruh populasi penduduk Indonesia, namun rasio jenis kelamin, kelompok umur, dan pekerjaan utama belum mewakili. Ketidakterwakilan data disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kecenderungan aktivitas responden dan aksesibilitas jaringan internet. Persepsi responden cenderung menganggap penting wisata virtual untuk promosi kawasan konservasi, sehingga persepsi responden sudah sesuai dengan yang diharapkan. Promosi kawasan konservasi yang sudah dilakukan belum sesuai dengan preferensi responden. Promosi yang sudah dilakukan belum mempertimbangkan preferensi responden yang berkaitan dengan karakteristik mereka.