Analisis Kedai Kopi Hutan Hujan di Kota Bogor
Date
2020Author
Syah, Muhammad Shakesh
Sarianti, Tintin
Pratiwi, Chairani Putri
Metadata
Show full item recordAbstract
Perubahan gaya hidup mengubah pola konsumsi masyarakat dalam memilih
tempat makan dan minum. Hal ini menyebabkan peningkatan usaha kuliner
berbentuk kedai kopi. Peningkatan usaha kedai kopi juga terjadi di kota Bogor
yang menyebabkan persaingan ketat antar sesama pelaku usaha kedai kopi, salah
satu kedai kopi di kota Bogor yang mengalami persaingan akibat peningkatan
usaha kedai kopi adalah Kedai Kopi Hutan Hujan yang berlokasi di Jalan Radar
Baru No.49, RT.03/RW.02, Margajaya, Bogor Baru, Kota Bogor, Jawa Barat.
Eksisnya kedai kopi di Kota Bogor turut dipengaruhi oleh fakta bahwa penghuni
kota ini adalah mahasiswa yang notabene mementingkan gaya hidup. Pada
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, mengukur
tingkat kepuasan konsumen serta merumuskan perbaikan atribut Kedai Kopi
Hutan Hujan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer
Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan
melibatkan 100 orang responden. Berdasarkan hasil CSI sebesar 79,63 persen
menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen merasa sangat puas akan kinerja
yang diberikan oleh Kedai Kopi Hutan Hujan. Namun terdapat beberapa atribut
yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil IPA, yaitu atribut aroma makanan dan
minuman, penampilan pramusaji, penjelasan pramusaji, dan ketersediaan ruangan
khusus merokok.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]