Analisis Kinerja Ekspor Perhiasan Indonesia ke Negara Tujuan
Abstract
Perhiasan adalah salah satu komoditas andalan yang meningkatkan nilai ekspor negara, juga merupakan komoditas unggulan Indonesia yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar di beberapa negara tujuan ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ekspor perhiasan Indonesia dengan kode HS 7113 dari tahun 2010 sampai 2019 ke negara tujuan ekspor yang terbatas pada enam negara tujuan. Metode analisis digunakan adalah RCA dan EPD untuk menganalisis daya saing atau keunggulan komparatif komoditas perhiasan Indonesia dan posisi pangsa pasar ekspor ke negara tujuan, serta gravity model untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor perhiasan Indonsia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perhiasan Indonesia relatif kompetitif di beberapa negara tujuan ekspor, sementara komoditas perhiasan Indonesia secara keseluruhan memiliki posisi pasar pada kuadran Falling Star. Sedangkan hasil estimasi gravity model menunjukkan bahwa Variabel GDP Negara Tujuan, GDP Indonesia, Harga Ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor perhiasan Indonesia, sementara Nilai Tukar Riil dan jarak ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor perhiasan Indonesia di enam negara tujuan. Jewelry is one of the mainstay commodities that increase the country's export value. It is also Indonesia's leading commodity which has a large enough market share in several export destination countries. This study aims to analyze the export performance of Indonesian jewelry with the HS code 7113 from 2010 to 2019 to export destination countries which are limited to six destination countries. The analytical methods used are RCA and EPD to analyze the competitiveness or comparative advantage of Indonesian jewelry commodities and the position of the export market share to the destination country, as well as a gravity model to analyze the factors that influence Indonesian jewelry exports. The results show that Indonesian jewelry is relatively competitive in several export destination countries, while Indonesia's jewelry commodities as a whole have a market position in the Falling Star quadrant. Meanwhile, the estimation results of the gravity model show that the variabel GDP of the Destination Country, Indonesia's GDP, Export Prices have a positive and significant effect on Indonesia's jewelry exports, while the Real Exchange Value and economic distance have a negative and significant effect on Indonesia's jewelry exports in the six destination countries.