Analisis Perilaku Mahasiswa Terhadap Label Produk Pangan
Abstract
Label pangan sangat penting untuk agribisnis pangan. Survey yang pernah dilakukan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional terhadap konsumen di Indonesia tentang memperhatikan kelengkapan label produk pangan dalam beberapa tahun mengalami kenaikan namun masih tergolong rendah sehingga menunjukkan konsumen masih kurang peduli terhadap label pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan, persepsi, sikap, dan perilaku mahasiswa IPB terhadap label pangan dan menganalisis pengaruh pengetahuan, persepsi, sikap, dan perilaku mahasiswa S1 IPB terhadap label pangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan structural equation modeling dengan pendekatan partial least square (SEM-PLS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan hampir seluruh responden memiliki pengetahuan awal tentang label pangan. Responden lebih banyak memperhatikan atribut harga dibandingkan label pangan. Lalu label yang sering diperhatikan oleh mahasiswa yaitu tanggal kadaluarsa dan urutan prioritas label pangan yaitu nama produk, tanggal kadaluarsa, dan label komposisi. Kemudian pengetahuan dan persepsi mahasiswa terhadap label pangan tegolong baik, sikap dan perilaku mahasiswa terhadap label produk pangan tergolong cukup baik. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi dan sikap, persepsi berpengaruh terhadap sikap, dan sikap berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]