Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Muzaki Generasi Milenial Membayar Zakat Melalui Lembaga Secara Online (Studi kasus: Dompet Dhuafa Republika dan BAZNAS)
Abstract
Generasi milenial memiliki populasi lebih dari 31,3 persen dari penduduk Indonesia.
Penggunaan jasa internet meningkat setiap tahunnya hal ini dapat memberikan peluang
tersendiri bagi badan atau lembaga zakat dalam merealisasikan potensi zakat dari kalangan
milenial. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengungkapkan penghimpunan dana zakat
di Indonesia sebesar 2,8 persen dari potensi zakat nasional sebesar 233,6 triliun rupiah.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik responden muzaki generasi milenial
yang membayar zakat melalui lembaga secara online pada Dompet Dhuafa dan BAZNAS serta
menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode
cross tubulation untuk menjawab pertanyaan karaktertik responden dan metode analisis regresi
logistik multinomial digunakan untuk mengatahui faktor yang memengaruhi muzaki generasi
milenial dalam Membayar zakat melalui lembaga secara online pada Dompet Dhuafa dan
BAZNAS. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik multinomial variabel penjelas yang
berpengaruh signifikan terhadap muzaki generasi milenial yang membayar zakat melalui
lembaga secara online pada Dompet Dhuafa adalah variabel pendidikan, kemudahan akses dan
usia, sedangkan variabel penjelas yang berpengaruh signifikan terhadap muzaki generasi
milenial yang membayar zakat melalui lembaga secara online pada BAZNAS adalah variabel
pendidikan, kemudahan akses dan pendapatan. Millennial generation has a population of more than 31,3 percent of Indonesia's population.
The use of internet services increases every year so that the millennial generation can be said to
provide its own opportunities in realizing the potential of zakat. Badan Amil Zakat Nasional
(BAZNAS) revealed that the collection of zakat funds in Indonesia is 2,8 percent of the national
zakat potential of 233,6 trillion rupiah. This study aims to identify the characteristics of respondents
and analyze the factors that influence millennial generation muzaki in online zakat through Dompet
Dhuafa and BAZNAS. This study used the cross tubulation method to answer the respondent's
characteristic questions and the multinomial logistic regression analysis method was used to
determine the factors that influence millennial generation muzaki in online zakat through Dhompet
Dhuafa and BAZNAS. Based on the results of the multinomial logistic regression analysis, the
explanatory variables that have a significant effect on millennial generation muzaki who tithe
online through Dompet Dhuafa are the variables of education, ease of access and age, while the
explanatory variables that have a significant effect on millennial generation muzaki who tithe
online through BAZNAS are the variables of education, ease of access and income.
Collections
- UT - Syariah Economic [393]