View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Kebijakan Strategis PT Aneka Tambang Tbk

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (790.6Kb)
      Fulltext (1.971Mb)
      Lampiran (930.3Kb)
      Date
      2021
      Author
      Ruswana, Ruswana
      Maarif, M. Syamsul
      Kirbrandoko, Kirbrandoko
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Produk dan layanan utama yang dihasilkan oleh ANTAM adalah sebagai berikut: Layanan Eksplorasi, Layanan Pemrosesan Logam Mulia, Bijih Nikel, Feronikel, Emas, Bijih Bauksit, Alumina, dan sebagian kecil dari Batubara. Semua produk dan layanan dibagi menjadi beberapa segmen sebagai berikut: • Segmen Emas: Emas, Perak, Pemrosesan dan Pemurnian Emas • Segmen Nikel: Bijih Nikel dan Feronikel (diolah dari bijih nikel) • Segmen Bauksit: Bijih Bauksit dan Alumina (Diproses dari Bauksit) • Segmen Lainnya: Batubara, bijih besi dan lainnya Produksi Feronikel ANTAM selama lima tahun terakhir dari 2014 hingga 2018, rekor tertinggi adalah 24.868 TNi, atau dengan kata lain Produksi Feronikel ANTAM tumbuh 47,5% selama lima tahun terakhir. Produksi Alumina ANTAM dari 2016 hingga 2018 terus menurun. Produksi emas dalam lima tahun terakhir terus menurun, hal ini mengakibatkan pasokan untuk Pabrik Pengolahan dan Pemurnian Emas tidak dapat mengandalkan Tambang ANTAM itu sendiri. Sementara pesaing ANTAM, seperti Nikel, Bauksit dan Emas, menunjukkan kinerja yang melebihi ANTAM. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebijakan strategis yang diambil ANTAM apakah sesuai dengan situasi pasar dan peta persaingan di industri pertambangan. Data penelitian diperoleh melalui Laporan Tahunan ANTAM dan Laporan Tahunan beberapa perusahaan pertambangan lainnya dan memperoleh data lain melalui media internet. Analisis Strategi menggunakan 3 tahap menurut Fred. R. David (2009), tahap satu input matriks IFE (Analisis Faktor Internal) dan EFE (Analisis Faktor Eksternal), tahap dua pencocokan menggunakan Matriks SWOT, Matriks SPACE, Matriks BCG, Matriks IE, Matriks STRATEGI GRAND dan seleksi tahap tiga strategi menggunakan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dipilih sesuai dengan implementasi ANTAM, hanya saja dalam proses implementasi masih perlu koreksi untuk melakukan penyesuaian agar strategi berjalan dengan baik.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106870
      Collections
      • MT - Business [4042]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository