Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen pada Pembelian Online Makanan Organik
Abstract
Internet mengubah pola konsumsi dan perilaku berbelanja masyarakat dari
yang bersifat konvensional menjadi daring (online). Aktifitas belanja secara online
dapat dilakukan tanpa harus keluar rumah ketika membutuhkan barang yang
diinginkan dan dapat dilakukan kapan saja sehingga lebih praktis. Perkembangan
internet yang cepat berpengaruh terhadap pemasaran berbagai barang dan jasa,
termasuk juga makanan organik. Pelaku bisnis makanan organik dapat
menggunakan aktifitas pemasaran melalui internet untuk menarik konsumen lebih
banyak dan supaya dapat tetap kompetitif bersaing di pasar yang sudah ada. Para
penjual mengharapkan aktifitas pemasaran mereka dapat diterima, dan salah satu
cara yang dapat digunakan menarik konsumen adalah menggunakan bauran
pemasaran. Bauran pemasaran merupakan kombinasi dari berbagai variabel
keputusan pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan barang
dan jasa yaitu produk, harga, promosi dan distribusi / tempat. Konsep ini banyak
diadopsi perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran dan masih relevan
digunakan sampai saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi rumusan penting pembelian
online untuk pemasaran makanan organik dan menganalisis pengaruh bauran
pemasaran terhadap kepercayaan dan kepuasan konsumen makanan organik untuk
menumbuhkan minat beli ulang. Penelitian dilakukan pada bulan September sampai
Oktober 2020. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari survei kuesioner berbahasa Indonesia yang disebarkan melalui link
Google Form menggunakan skala Likert. Metode pengambilan sampel (responden)
yang digunakan adalah purposive sampling. Responden yang ditargetkan adalah
konsumen yang berdomisili di Jabodetabek serta pernah membeli makanan organik
secara online minimal dua kali dalam enam bulan terakhir dan mengkonsumsinya.
Data diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yaitu produk,
harga, promosi, dan distribusi tidak memberikan pengaruh signifkan kepada
kepercayaan konsumen dalam pembelian online makanan organik. Variabel produk
dan distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan namun tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat beli ulang. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli ulang. Para pemasar makanan organik harus memperhatikan
produk makanan organik karena memberikan dampak pengaruh paling besar yang
signifikan di antara bauran pemasaran lainnya dalam menentukan minat beli ulang
makanan organik secara online. Konsumen menginginkan makanan organik yang
dibeli sampai dengan cepat dan dalam keadaan yang baik atau segar untuk
dikonsumsi. Layanan pengiriman cepat sampai menjadi kebutuhan bagi konsumen
dan harus diupayakan oleh pemilik bisnis makanan organik. The internet changes people's consumption patterns and shopping behavior
from offline to online. Online shopping activities can be done without having to
leave the house when you need the desired item and can be done anytime so it is
more practical. The rapid development of the internet has influenced the marketing
of various goods and services, including organic food. Organic food business
players can use marketing activities via the internet to attract more consumers and
remain competitive in competing in existing markets. Salespeople expect their
marketing activities to be acceptable, and one way that can be used to attract
consumers is to use a marketing mix. The marketing mix is a combination of various
marketing decision variables used by companies to market goods and services
namely product, price, promotion, and place. This concept has been widely adopted
by companies in implementing marketing strategies and it is still relevant today.
This study aims to identify important formulas for online purchasing for
organic food marketing and to analyze the effect of the marketing mix on consumer
trust and satisfaction in organic food to foster repurchase intention. The research
was conducted from mid-September to mid-October 2020. The data collected in
this study were primary data obtained from a questionnaire survey in Indonesian.
The questionnaire was distributed via a Google Form link using a Likert scale. The
sampling method used was purposive sampling. Respondents taken were
consumers who live in the Jabodetabek areas and have bought organic food online
at least twice and consumed it in the last six months. The data were processed and
analyzed using Structural Equation Modeling.
The results showed that the marketing mix variables, namely product, price,
promotion, and distribution did not have a significant effect on consumer trust in
purchasing organic food online. Product and distribution variables have a positive
and significant effect on customer satisfaction. Trust has a significant effect on
satisfaction but does not have a significant effect on repurchase intention.
Satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention. Organic
food marketers should pay attention to organic food products because they have the
most significant impact among the marketing mix in determining the repurchase
intention of organic food online. Consumers want organic food bought is arrived
quickly and in good or fresh condition for consumption. Fast delivery service has
become a necessity for consumers and must be pursued by organic food business
owners.
Collections
- MT - Economic and Management [2970]