Efek Keterdedahan Siaran Televisi tentang COVID-19 di Kalangan Pekerja Kantor
Abstract
Agenda setting merupakan peliputan berita televisi yang mengangkat isu
tertentu menjadi lebih menonjol dibandingkan dengan isu lainnya. Strategi ini dapat
memengaruhi opini dan perilaku publik terhadap isu yang ditonjolkan. Pandemi
COVID-19 merupakan isu yang tengah diberikan perhatian besar oleh berbagai
pihak. Adanya pembatasan aktivitas perkantoran di Provinsi DKI Jakarta dalam
rangka penanggulangan pandemi mengakibatkan pekerja kantor menghabiskan
lebih banyak waktu di rumahnya. Semakin meningkatnya waktu yang dihabiskan
di rumah, semakin meningkat pula aktivitas menonton televisinya. Televisi
memiliki peran penting dalam memengaruhi pengetahuan, sikap, dan tindakan
khalayak. Dalam konteks pandemi, keterdedahan terhadap berita televisi tentang
COVID-19 dapat menimbulkan efek pada khalayak, yaitu: efek kognitif, efek
afektif, dan efek behavioral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat
keterdedahan khalayak di kalangan pekerja kantor terhadap siaran televisi tentang
COVID-19, menganalisis faktor yang berhubungan dengan tingkat keterdedahan
khalayak, dan menganalisis efek yang ditimbulkan oleh siaran televisi tentang
COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan
pendekatan kuantitatif dan didukung oleh data kualitatif berupa wawancara
terhadap 50 responden yang berprofesi sebagai pekerja kantor. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan intensitas menonton televisi dan
tingkat keterdedahan siaran televisi tentang COVID-19 terhadap sikap dan tindakan
responden. Sebaliknya, hal tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap
kognisi responden