Membangun Keunggulan Bersaing Untuk Peningkatan Kinerja UMKM Melalui Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dan Praktik Manajemen Rantai Pasokan (Studi Kasus UMKM Pangan Olahan Di DKI Jakarta).
Date
2021-03-12Author
Sinaga, Jumady
Anggraeni, Elisa
Slamet, Alim Setiawan
Metadata
Show full item recordAbstract
Berkembangnya UMKM akan memperkuat struktur ekonomi domestik karena terserapnya angkatan kerja, meningkatkan daya beli masyarakat, memperbesar tingkat permintaan dan meningkatkan pertumbuhan investasi. Meski memiliki peran yang sangat strategis, namun untuk mengembangkan UMKM bukan hal yang mudah. Seiring perkembangan zaman, tren UMKM dalam penjualan produk melalui online semakin meningkat. Persaingan semakin ketat dan inovasi produk semakin beragam. Sehingga untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan, para pelaku UMKM harus berlomba-lomba untuk melakukan strategi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh praktik manajemen rantai pasok terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan, teknologi komunikasi dan informasi terhadap praktik manajemen rantai pasok dan keunggulan bersaing, serta keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik manajemen rantai pasok berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, teknologi komunikasi dan informasi berpengaruh positif terhadap praktik manajemen rantai pasok dan keunggulan bersaing, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap dan kinerja perusahaan.
Kata Kunci : Keunggulan bersaing, kinerja perusahaan, praktik manajemen rantai pasok, structural equation modeling, TIK. The development of SMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) will strengthen domestic economic structure due to absorption of the workforce, increase people's purchasing power, the increase of the level of demand and increase of investment growth. Although it has a very strategic role, developing SMEs is not simple. As long as time goes by, the trend of SMEs in selling products through online is increasing. Competition is getting tougher and product innovation is increasingly diverse. Thus, in order to improve overall performance, SMEs players must compete to implement strategies.
This research aimed to analyze the effect of supply chain management practices on competitive advantage and firm performance, communication and information technology on supply chain management practices and competitive advantage, and competitive advantage on firm performance.
The results showed that supply chain management practices had a positive effect on competitive advantage, communication and information technology had a positive effect on supply chain management practices and competitive advantage and competitive advantage had a positive effect on firm performance.
Keywords : Competitive advantage, firm performance, ICT, structural equation modeling, supply chain management practices.
Collections
- MT - Economic and Management [2970]