Faktor-Faktor yang Memengaruhi Green Behavior Mahasiswa IPB
Date
2021Author
Taqwa, Muhammad Ichsan
Cahyadi, Eko Ruddy
Slamet, Alim Setiawan
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam dua dekade terakhir permasalahan lingkungan sudah menjadi sangat
mencemaskan, Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat permasalahan
lingkungan yang cukup memprihatinkan. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh
berbagai instansi dalam menanggulangi permasalahan lingkungan, faktanya
permasalahan lingkungan tidak hanya sebatas permasalahan instansi tertentu saja,
namun untuk mengatasi permasalahan ini dibutuhkan kesadaran individu.
Mahasiswa sebagai individu yang dikenal dengan kecerdasan intelektual memiliki
tanggung jawab yang cukup besar terhadap keberlanjutan. Institut Pertanian Bogor
sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia sudah menjalankan program
perencanaan dalam mendukung sustainability dalam lima tahun terakhir,
perencanaan ini membutuhkan peran dari mahasiswa agar dapat berjalan sesuai
dengan yang sudah direncanakan.
Green behavior mahasiswa merupakan perilaku yang berdampak baik bagi
lingkungan untuk jangka panjang. Beberapa penelitian terdahulu menyatakan
bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa berpengaruh terhadap perilaku prolingkungan
yang dimilikinya. Di samping pengetahuan, sikap dan presepsi kontrol
perilaku juga merupakan faktor dari dalam diri yang bisa memengaruhi perilaku
mahasiswa. Sementara norma subjektif merupakan faktor pembentuk dari
lingkungan sekitar yang mampu memengaruhi perilaku mahasiswa. penelitian ini
bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisis faktor faktor yang memengaruhi
green behavior mahasiswa IPB 2) menganalisis pengaruh jenis kelamin dan
perbedaan fakultas sebagai faktor penunjang green behavior mahasiswa IPB.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa green behavior mahasiswa
dipengaruhi oleh niat berperilaku dan fasilitas yang mendukung perilaku tersebut,
sementara itu niat juga dipengaruhi oleh norma subjektif yang dibangun dari
lingkungan sekitar, sikap dan kontrol perilaku juga merupakan faktor yang mampu
memengaruhi niat mahasiswa dalam berperilaku menjaga lingkungan. Hasil
penelitian ini juga menunjukkan bahwa perbedaan jenis kelamin tidak
memengaruhi faktor faktor pembentuk green behavior mahasiswa, sebaliknya
perbedaan fakultas memiliki pengaruh. Mahasiswa dengan pengetahuan
lingkungan yang lebih dapat meningkatkan green behavior mahasiswa. In the last two decades, environmental problems have become very worrying,
Indonesia is one of the countries with a fairly concerning level of environmental
problems. Various efforts have been made by various agencies in minimized
environmental problems, in fact, environmental problems are not only limited to
specific agency problems but to solve these problems need individual awareness.
Students as individuals are known as intellectual intelligence have considerable
responsibility for sustainability. Bogor Agricultural Institute as one of the best
campuses in Indonesia has run a planning program in support of sustainability in
the last five years, this planning requires the role of students in order to run as
planned.
Green behavior is a behavior that has a good impact on the environment for
the long term, some previous research has stated that the level of knowledge of
students affects the pro-environment behavior that it has. in addition to knowledge,
attitude, and perceived behavior control is also a factor from within that can
influence student behavior. While subjective norms are the forming factors of the
surrounding environment that are able to influence student behavior. This study
aims to 1) know and analyze the factors that affect the green behavior of IPB
students 2) analyze the influence of gender and faculty differences as supporting
factors for green behavior of IPB students.
The results of the study showed that the student's green behavior was
influenced by the intention of behaving and the facilities that supported the
behavior, while the intention was also influenced by subjective norms built from the
surrounding environment, attitude and behavioral control is also a factor that is
able to influence the student's intentions in behaving in the behavior of the
environment. The results of this study also showed that gender differences do not
influence the factors of green behavior of students, otherwise faculty differences
have an influence. Students with more environmental knowledge can improve the
student's green behavior.
Collections
- MT - Economic and Management [2877]