Pengaruh Bentuk Visual dan Durasi Video Youtube Kawasan Rumah Pangan Lestari terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani
Date
2021Author
Dharmawan, Herwindo
Saleh, Amiruddin
Seminar, Kudang Boro
Metadata
Show full item recordAbstract
Diseminasi inovasi hasil penelitian dan pengkajian pertanian merupakan
aktivitas komunikasi yang penting dalam mendorong terjadinya proses penyebaran
dan penerapan teknologi dalam suatu sistem sosial masyarakat. Pilihan media
sebagai sarana diseminasi menjadi kunci utama agar penyampaian informasi dapat
dilakukan dengan cepat, mudah diakses dan tidak terbatas ruang dan waktu. Media
sosial merupakan sarana diseminasi yang cukup efektif dan efisien karena
memiliki kelebihan dalam hal kecepatan penyebaran, serta luasnya jangkauan
khalayak yang bisa diraih. Strategi diseminasi inovasi Badan Litbang Pertanian
melalui video di media sosial Youtube harus mempertimbangkan sejauh mana
keefektivannya dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan merubah
sikap khalayak pemirsanya, hal ini dimaksudkan agar biaya dalam pembuatan
konten yang dikeluarkan institusi sebanding dengan tingkat adopsi inovasi
teknologi pertanian oleh masyarakat secara optimal. Penelitian dimaksudkan
untuk menganalisis pengaruh bentuk visual dan durasi video Youtube kawasan
rumah pangan lestari terhadap peningkatan pengetahuan petani.
Penelitian ini merupakan eksperimental murni dengan desain faktorial 2 x 2
dan menggunakan pretest posttest control group design. Subjek penelitian
berjumlah 50 orang, yang kemudian dibagi dalam empat kelompok eksperimen,
yaitu (K1) kelompok responden yang diperlihatkan video dengan bentuk visual
realistik berdurasi pendek, (K2) kelompok responden yang diperlihatkan video
dengan bentuk visual realistik berdurasi panjang, (K3) kelompok responden yang
diperlihatkan video dengan tampilan animasi infografis berdurasi pendek, (K4)
kelompok responden diperlihatkan video dengan tampilan animasi infografis
berdurasi panjang, dan satu kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdiri
dari 10 orang dipilih secara acak. Pengolahan data menggunakan SPSS 23.0 untuk
melihat melihat pengaruh bentuk visual dan durasi video, serta melihat hubungan
karakteristik personal dan perilaku komunikasi responden terhadap peningkatan
pengetahuan inovasi Badan Litbang Pertanian.
Hasil statistik menunjukkan penyajian inovasi Badan Litbang Pertanian
melalui video berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan responden.
Peningkatan pengetahuan yang paling tinggi diperoleh dari video bentuk visual
realistik dengan durasi panjang, diikuti oleh video bentuk visual realistik dengan
durasi pendek, selanjutnya video animasi infografis dengan durasi panjang, dan
yang terakhir adalah video animasi infografis dengan durasi pendek. Karakteristik
personal dengan indikator pengalaman bertani, dan perilaku komunikasi dengan
indikator ekspose pada media komunikasi juga memiliki korelasi dengan
peningkatan pengetahuan responden. Disseminating agricultural research innovation is an important
communication activity to encourage the process of applying technology in a social
system. The choice of media to disseminate information is the main key so that
information can be conveyed quickly, easily accessed and is not limited by space
and time. Social media is quite effective and efficient because it has advantages in
terms of speed of distribution and reaching the wider community. Agency for
Agricultural Research and Development 's strategy of disseminating information
through videos on social media Youtube must consider the extent to which its
effectiveness in increasing knowledge, skills, and change the attitude of the
audience, it is meant to make the content cost which issued by the institution is
proportional to the optimum adoption level of agricultural technology by the
community. This study is intended to determine the effectiveness of agricultural
innovation dissemination through videos on YouTube social media.
This research is a purely experimental study with a 2 x 2 factorial design
and uses a pretest posttest control group design. The research subjects were 50
people, divided into four experimental groups, namely (K1) group who were shown
a video with short-duration realistic visual form, (K2) group who were shown a
video with long-duration realistic visual form, (K3) group who were shown a longduration animated infographic video, (K4) group who were shown a short-duration
animated infographic video, and one control group, each group consisted of 10
randomly selected people. Data processing uses SPSS 23.0 to see the effect of visual
form and video duration, as well as to see the correlation of personal
characteristics and communication behavior of respondents on increasing
knowledge of agricultural innovation.
The statistical results show the presentation of agricultural innovation
through video has an effect on increasing respondents' knowledge. The highest
increase in knowledge was obtained from long-duration realistic visual videos,
followed by short-duration realistic visual videos, then long-duration animated
infographic videos, and the last one is a short-duration animated infographic
videos. Personal characteristics with indicators of farming experience, and
communication behavior with exposure indicators on communication media also
have a correlation with the increase in respondents' knowledge
Collections
- MT - Human Ecology [2236]