Analisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Udang Beku Indonesia di Pasar ASEAN
Date
2021Author
Immanuel, Hermon David Setyorogo
Hastuti
Nababan, Benny Osta
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia merupakan eksportir udang beku terbesar ke-4 di dunia. Pasar tujuan ekspor terdekat Indonesia adalah ASEAN, yaitu Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Nilai ekspor udang beku Indonesia ke ASEAN lebih rendah dari Vietnam dan India, serta menurun dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing udang beku Indonesia di pasar ASEAN dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor udang beku Indonesia ke pasar ASEAN. Analisis menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukkan udang beku Indonesia berdaya saing komparatif pada semua negara tujuan di ASEAN, namun lebih rendah dibandingkan Vietnam dan India. Analisis menggunakan metode Export Product Dynamic (EPD) menunjukkan posisi pasar udang beku Indonesia rising star di Filipina dan Malayisa, retreat di Singapura dan Vietnam, serta lost opportunity di Thailand. Analisis Porter’s Diamond menunjukkan faktor kondisi, industri terkait dan
pendukung, strategi, struktur, dan persaingan perusahaan, peran pemerintah, dan kesempatan merupakan kekuatan Indonesia, sedangkan faktor permintaan merupakan kelemahan Indonesia dalam mendukung ekspor udang beku ke ASEAN. Estimasi gravity model menunjukkan jarak ekonomi, GDP perkapita negara-negara ASEAN, dan volume ekspor udang beku Indonesia ke ASEAN berpengaruh positif terhadap nilai ekspor udang beku Indonesia, sedangkan GDP perkapita Indonesia berpengaruh negatif terhadap nilai ekspor udang beku Indonesia ke ASEAN.