Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan terhadap Motivasi Pembelian Laptop Lenovo pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor
View/ Open
Date
2020Author
Rani, Putri Cahaya
Djamaludin, Moh. Djemdjem
Metadata
Show full item recordAbstract
Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan primer mahasiswa dikarenakan hampir sebagian besar tugas harus diselesaikan menggunakan bantuan laptop. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis gaya hidup dan kelompok acuan terhadap motivasi pembelian laptop Lenovo pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Penelitian ini menerapkan desain cross sectional study dan teknik pengambilan contoh menggunakan voluntary sampling dengan cara menyebarkan kuesioner secara online melalui media sosial dengan menggunakan google form. Responden dalam penelitian ini sebanyak 161 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik responden, gaya hidup, dan kelompok acuan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi pembelian. Namun secara parsial hanya gaya hidup dan kelompok acuan yang berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi pembelian laptop Lenovo.