Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Minat Beli Sutera Mandar.
Abstract
Sutera mandar adalah kain tenun tradisional yang berbahan dasar benang sutera yang diperoleh dari ulat sutera dan diproduksi di Sulawesi Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik konsumen, persepsi harga dan persepsi kualitas produk terhadap minat beli sutera mandar. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study, yang dilakukan di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Lokasi penelitian dipilih secara purposive. Contoh dalam penelitian ini adalah pengunjung toko kain sutera mandar sebanyak 60 orang. Pengambilan contoh dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara langsung menggunakan alat bantu kuesioner. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa karakteristik pengunjung, persepsi harga dan persepsi kualitas produk secara simultan berpengaruh positif terhadap minat beli sutera mandar. Namun, secara parsial hanya usia pengunjung dan persepsi kualitas produk yang berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli sutera mandar.