Analisis Sikap, Preferensi, dan Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Buah Durian di Kota Bekasi
Abstract
Durian merupakan salah satu buah yang berasal dari produksi dalam negeri dan juga luar negeri atau impor. Masuknya durian impor ke pasar domestik membuat konsumen memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli durian jenis tertentu, sehingga terjadi persaingan antara durian lokal dengan durian impor. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tahapan proses keputusan pembelian konsumen buah durian, menganalisis sikap konsumen terhadap atribut buah durian lokal dan buah durian impor, dan menganalisis level atribut buah durian yang menjadi preferensi konsumen di Kota Bekasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, pendekatan multiatribut fishbein, dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen buah durian di toko buah khusus durian telah melakukan proses keputusan pembelian terdiri atas lima tahapan, yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Penilaian kepentingan dan kinerja pada sikap konsumen buah durian di Kota Bekasi menunjukkan responden lebih menyukai kinerja atribut buah durian impor. Pada buah durian lokal hanya atribut aroma yang lebih unggul dibanding buah durian impor. Berdasarkan analisis konjoin, preferensi konsumen buah durian mengarah pada buah durian yang rasanya manis legit, beroma kuat, berukuran sedang, daging buah tebal, dan tekstur daging buahnya lembut kering.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]