Strategi Pengembangan Bisnis CV Makrifah Herbal dengan Pendekatan Busniness Model Canvas
Abstract
Tren pola hidup sehat kembali ke alam menyebabkan masyarakat mulai beralih menggunakan produk berbahan alami, CV Makrifah Herbal adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam usaha agribisnis khususnya tanaman obat dan produk olahan herbal. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis yang diterapkan pada CV Makrifah Herbal dan merumuskan strategi alternatif pengembangan model bisnis CV Makrifah Herbal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model bisnis kanvas dan SWOT. Metode analisis deskriptif diolah berdasarkan sembilan elemen model bisnis kanvas yang kemudian dilakukan analisis SWOT pada setiap elemen dalam model bisnis kanvas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi alternatif yang dapat dikembangkan oleh CV Makrifah Herbal yaitu fokus pada penambahan dan pengembangan beberapa komponen pendukung dalam sistem operasional perusahaan. CV Makrifah Herbal dapat melakukan pemanfaatan teknologi informasi dalam aktivitas perusahaan dan menciptakan pelayanan khusus yang menarik sehingga dapat meningkatkan loyalitas dan menjangkau konsumen lebih luas lagi.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]