Model Bisnis PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk
Abstract
Model bisnis merupakan sebuah gambaran/visualisasi/frame untuk mendeskripsikan perusahaan tentang bagaimana perusahaan membuat nilai tambah di dunia kerja, termasuk di dalamnya kombinasi dari produk, pelayanan, citra, distribusi, sumber daya, serta infrastruktur. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi bisnis yang dilakukan PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk. dengan pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Analisis Rantai Nilai dan Analisis Ruang Desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memiliki stakeholder dari pihak internal dan eksternal. Perusahaan menggunakan Strategi Integrasi dalam melakukan akuisisi terhadap pemasok, pengecer, dan distributor. Hal ini dilakukan dengan membentuk asosiasi dan entitas anak perusahaan. Selain itu, perusahaan juga menggunakan Strategi Defensif berupa Joint Venture. Perusahaan memiliki gambaran model bisnis yang baik untuk diterapkan. Saran yang penulis berikan untuk peneliti selanjutnya adalah membuat evaluasi serta model bisnis yang baru untuk diterapkan kedepannya disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID19.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]