Analisis Keputusan Pembelian Konsumen pada Startup etanee Dalam Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Pangan secara Online
View/ Open
Date
2020Author
Melinda, Livia Nungky
Sarianti, Tintin
Pratiwi, Chairani Putri
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia telah memasuki era industri 4.0 ditambah penggunaan internet yang meningkat tiap tahun sehingga terjadi peningkatan ekonomi digital. Salah satu upaya dengan cara memanfaatkan peluang ini yaitu menciptakan bisnis e-commerce terutama di bidang pertanian. Etanee merupakan salah satu startup yang menjual produk pangan secara online. Tujuan penelitian mengetahui karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian produk pangan secara online, serta faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk pangan di etanee. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis faktor dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics for Windows Version 22. Hasil penelitian ini menghasilkan empat faktor baru yang memengaruhi keputusan pembelian produk pangan secara online di etanee yaitu faktor produk dan layanan, faktor keamanan dan kenyamanan, faktor kehandalan operasional, dan faktor situs informasi. Faktor utama yang paling memengaruhi adalah produk dan layanan dengan keragaman data sebesar 40.609 persen.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]